Tips Penting saat Ikut Liburan Gratis Surabaya Heritage Track (SHT)

8:22:00 PM

Banyak aktivitas liburan menarik yang bisa dilakukan di Surabaya. Salah satunya adalah Surabaya Heritage Track (SHT) yang diadakan oleh House of Sampoerna. Aktivitas ini pun banyak dipilih wisatawan karena menjadi sarana memperoleh pengetahuan sejarah yang menarik tentang Kota Surabaya. Ditambah lagi, aktivitas ini bisa diikuti secara gratis.


Keberadaan SHT menambah warna lain aktivitas wisata di Surabaya. Berbagai wisatawan dari penjuru tanah air pun berbondong-bondong mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya dari kota-kota sekitar Surabaya, tapi juga wisatawan dari luar provinsi dan bahkan luar negeri.

Ditambah lagi, Kota Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur yang mudah diakses dari berbagai lokasi. Anda bisa menuju ke kota ini menggunakan pesawat, kereta api, atau bus.
Secara khusus, kereta api menjadi pilihan transportasi yang nyaman, terutama kalau Anda berangkat dari kota-kota di Pulau Jawa. Terdapat berbagai pilihan kereta tujuan Surabaya yang bisa digunakan. Agar lebih praktis, Anda bisa memesan tiket kereta api di web Traveloka di link berikut: https://www.traveloka.com/kereta-api.

Cara pembelian tiket kereta api di Traveloka pun sangat mudah dan ringkas. Bisa memanfaatkan ponsel pintar atau komputer yang Anda miliki. Selanjutnya, tinggal pilih stasiun ketibaan serta kelas yang diinginkan, tentukan waktu keberangkatan, transfer biaya tiketnya dan lakukan konfirmasi pembayaran.

Setelahnya, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Traveloka beserta kode booking yang nantinya bisa diubah menjadi tiket yang bisa dicetak secara mandiri sebelum keberangkatan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot-repot mengantre di stasiun kereta api. Tentunya lebih hemat waktu dan tenaga.


Setelah tiket berada di tangan, Anda pun bisa menjelajahi berbagai tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan kalau mengikuti SHT, yakni: 

1. Lakukan Reservasi

Tur gratis ini kerap ramai oleh para pengunjung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan reservasi terlebih dulu. Pemesanan bisa dilakukan dengan menghubungi Trackers Information Center (TIC) House of Sampoerna di nomor telepon 031-353 9000 atau email hos@sampoerna.com.

Reservasi - aktual.web.id

Seperti yang telah disebutkan, tur ini bisa diikuti secara gratis. Hanya saja, perlu diketahui kalau SHT libur saat hari Senin. Terdapat 3 jadwal tur yang bisa diikuti, yakni pada jam 09.00, 13.00, dan 15.00 WIB. Setiap tur memiliki durasi antara 1,5-2 jam.

Selain itu, jumlah tempat duduk dalam tur ini juga sangat terbatas. Sekali pemberangkatan, hanya tersedia sebanyak 22 tempat duduk. Perjalanan ke tempat-tempat bersejarah dilakukan dengan bus hop on hop off (HOHO).

Selain itu, dalam tur ini para pengunjung juga akan disertai dengan seorang pemandu wisata. Anda pun akan memperoleh berbagai informasi sejarah yang menarik. Pemandu wisata tersebut pun dibekali kemampuan berbahasa Inggris dan Indonesia. 

2. Kenakan Pakaian yang Santai


Dalam tur wisata gratis ini, Anda akan diajak untuk menjelajahi berbagai tempat dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, pastikan untuk mengenakan baju yang nyaman dipakai. Jangan lupa juga untuk mengenakan topi dan kacamata hitam. Mengingat, Surabaya merupakan kota yang panas. Kalau perlu, Anda juga bisa memilih membawa payung. 

3. Jangan Lewatkan Kunjungan ke Museum Sampoerna

Museum Sampoerna - wisatamuseum.com
Selain tur SHT, House of Sampoerna juga memiliki museum yang bisa dikunjungi secara gratis. Di museum ini, para pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan rokok legendaris Indonesia, Dji Sam Soe. Hanya saja, proses pembuatan rokok tersebut hanya bisa disaksikan saat hari kerja.
Wisatawan pun diperbolehkan untuk mengambil foto serta video selama kunjungan ke museum. Dengan catatan, foto dan video tersebut untuk kepentingan pribadi. Namun, ada pula beberapa area yang tidak boleh diabadikan dalam bentuk foto dan video.

4. Berkeliling di Sekitar Jembatan Merah

Setelah mengikuti tur SHT, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan sendiri berkunjung ke berbagai tempat menarik di sekitar House of Sampoerna. Apalagi, House of Sampoerna lokasinya sangat berdekatan dengan Jembatan Merah – jembatan yang menjadi ikon Kota Surabaya.
Untuk menuju ke Jembatan Merah, Anda hanya perlu berjalan kaki. Tak butuh waktu lama, sekitar 5-10 menit. Selain Jembatan Merah, ada pula beberapa tempat menarik lain yang bisa dijumpai di area ini. Termasuk di antaranya adalah Kampung Arab dan beberapa klenteng tua.

Jembatan Merah - kotawisataindonesia.com
Bagi para pencinta kuliner, di sepanjang Jalan Kembang Jepun, Anda bisa menemukan berbagai kuliner oriental yang menggugah selera. Namun, perlu diperhatikan, tak semua makanan di sini halal. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanyakannya terlebih dulu kepada penjual.

Dengan berbagai keseruan serta kesempatan memperoleh informasi baru tersebut, SHT pun jadi pilihan aktivitas wisata menarik. Tur ini pun cocok untuk diikuti oleh wisatawan dengan beragam usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

You Might Also Like

0 comments