Ini Hal Yang Tak Bisa Dibayar Saat Wisata Belanja

12:54:00 PM

  

   Waktu terasa begitu cepat, hampir satu jam saya berkeliling tapi baru jatuh hati pada gantungan kunci yang memang saya niatkan untuk membungkam mereka yang memenuhi komen foto liburan saya dengan tulisan “oleh-oleh jangan lupa”. Apa Cuma saya yang kadang lupa membeli cinderamata untuk diri sendiri saat liburan? Apalagi saat pergi ke luar negeri, ada saja bisikan “akh, di Jakarta juga ada”, yaiyalah mainnya di Mall terus, wajar hahaha. Tapi belakangan saya ingin sekali pergi ke Shanghai, salah satu kota terbesar Republik Rakyat Tiongkok ini semakin memanggil saat teman saya bercerita banyak hal tentang kota tersebut, “lebih dari sebuah wisata, apalagi pas belanja” ujar teman saya.

Diantara banyak kota yang ada di Tiongkok, Shanghai adalah pusat perdagangan yang wajib dikunjungi para pecinta wisata belanja. Di kota terbesar kedua di Tiongkok ini terdapat banyak tujuan untuk menghabiskan budget belanja, jika ke sana tak punya buget, nabung dulu! karena kalau ke Shanghai gak belanja, belum ke Shanghai namanya!

Sejak berabad-abad lalu, Shanghai adalah surganya para pedagang dan pembeli. Aneka barang dijual di sini, mulai dari yang asli sampai kw kualitas sekian ribu, semua ada di Shanghai yang selalu memanjakan semua wisatawannya dengan harga terjangkau dan menggiurkan. Sambil mendengar cerita panjang dari teman saya, pikiran saya langsung melintas benua, saya niatkan untuk berbelanja jika nanti ‘kesampaian’ menginjakan kaki di Shanghai dan itu akan saya khususkan seharian penuh! Mau tahu tempat apa saja yang bakal saya kunjungi?


Tempat Wisata Belanja di Shanghai yang Wajib Dikunjungi


Yuyuan Tourist Mart

sumber : dong-fan.com

Kalau kamu hanya ingin membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik cantik khas Tiongkok, Yuyuan Tourist Mart adalah pusatnya. Buka sampai malam menjelang, kawasan ini selalu ramai dengan pengunjung yang mencari oleh-oleh seperti gelang, cincin, batu giok, gantungan kunci dan banyak pernik lain dengan harga murah.

Setiap hari ada ribuan wisatawan yang berbelanja di Yuyuan Tourist Mart, semuanya mencari oleh-oleh buat dibawa pulang. Jangan ragu buat nawar, setidaknya patok harga 20 persen saja dari tawaran pedagang. Kebanyakan penjual di sini memang mematok harga tinggi, tapi bisa kena sampai jadi diskon 80 persen! Dan jika ingin datang ke tempat ini, teman saya menyarankan untuk datang pada malam hari saat cahaya lampu semakin membuat suasana belanja menjadi lebih menyenangkan dan berkesan, semakin malam semakin ramai, pemandangan mata yang sulit untuk dilewatkan. Noted dipikiran saya!

Nanjing Road

sumber : sfu.ca

Jalanan ini membentang panjang dan hampir semuanya diisi oleh lapak pedagang beraneka barang. Setidaknya ada 6 kilometer jalananan Nanjing yang penuh dengan pedagang, dan semuanya ramai dikunjungi oleh wisatawan dan juga para pembeli yang berniat untuk dijual lagi di daerah mereka.
Setiap harinya ada jutaan orang yang bertransaksi di Nanjing. Dan karena saking panjangnya jalanan ini, terdapat dua bagian yang sama-sama ramai. Ada Nanjing road bagian timur yang berisi barang-barang yang harganya murah. Dan Nanjing road bagian barat yang diisi dengan mall-mall besar dan harganya tentu lebih mahal.

Sama seperti di Yuyuan, tak perlu ragu untuk menawar harga. Tapi, tawar menawar ini cuma bisa kamu lakukan di Nanjing Road bagian timur ya. Kalau sudah masuk mall yang ada di Nanjing Road bagian barat, barang branded dari toko ternama tak akan bisa ditawar seberapapun kamu berjuang. Saat di Nanjing, human interest akan lebih jelas terlihat, banyak pemandangan disekitar yang membuat kita merasa asing tapi menyenangkan, apalagi saat mendengar orang sekitar berbicara, semua bahasa campur aduk, sungguh menarik.

Xujiahui Shopping City

sumber : shanghaidaily.com

Kawasan ini adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Shanghai dengan banyak pilihan toko sesuai dengan selera. Yang suka belanja di jalanan, ada banyak pedagang di sekitarnya. Yang suka masuk mall dan cari barang branded, semua juga ada di sini.
Belum lama kawasan ini berdiri, baru sekitar 10 tahun. Tapi sudah menjadi tempat belanja favorit banyak wisatawan dan juga para pedagang dari berbagai penjuru dunia untuk menambah koleksi pribadinya, di tempat ini juga sangat instagramble, “banyak spot foto keren” kata teman saya, saat malam apalagi! Lanjutnya.

North Sichuan Road

sumber : wikipedia.org

Nggak lengkap wisata belanja di Shanghai kalau nggak mampir ke North Sichuan Road. Sejak jaman dahulu kala, kawasan ini adalah pusat perdagangan di Shanghai. Dengan letak yang dekat dengan sungai, membuat kawasan ini jadi favorit para pedagang dari tempat lain untuk mengambil barang.

Di North Sichuan Road banyak dijual kerajinan khas masyarakat Tiongkok. Cocok buat jadi destinasi membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di rumah, tempatnya lebih sepi tapi itu yang membuat daya Tarik tersendiri, ada pohon-pohon yang rindang untuk berteduh atau beristirahat sejenak, asri banget tempatnya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat belanja di Shanghai yang harus banget didatangi, apalagi semua bisadilakukan satu hari ajah, khusus belanja. Dan biar belanja jadi lebih menyenangkan, dan gak mikirin boros, beli deh tiket Air Asia buat ke Tiongkok. Dijamin murah dan bakal memangkas budget transportasi, dan sisanya bisa dipakai buat belanja deh, hehehe.


Oh iya, Jangan lupa juga beli tambahan bagasi di Air Asia buat waktu pulang dari Shanghai nanti” kata teman saya. Karena Dijamin deh, barang bawaanmu bakal lebih dari 25 kilogram setelah belanja di sana. Tapi yang pasti, mata, telinga, hingga kulit punya cerita tersendiri saat wisata belanja, apalagi kalau sudah di negeri orang, pasti beda rasanya. Jadi gak sabar mau berburu tiket murah buat ke Shanghai, ada yang mau liburan bareng?

You Might Also Like

2 comments

  1. Iya, sih! Bagasi penting banget kalo dateng ke negara yg terkenal akan wisata belanjanya :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, Oky mah urusan belanja udah expert deh, hehehe

      Delete