3 Kelebihan DUNIAHALAL.COM Sebagai E-Commerce Baru di Indonesia

1:42:00 PM

“I love this place”, Cafe 89 Kemang, Jakarta membuat pagi saya seperti jamuan makan malam di film Harry Potter, tapi versi terang, hehehe. Perpaduan warna hijau, orange dan putih membuat saya semakin nyaman, dinding kaca yang menyelimuti bangunan seakan melengkapi gaya artistik meja makan panjang yang didesign khusus untuk media dan blogger yang hadir kala itu. Rasa bahagia terpancar dari tim PT Galaksi Dunia Halal menyambut bayi pertamanya tumbuh, DUNIAHALAL.COM yang dianggap sebagai e-Commerce berbasis halal pertama di Indonesia memastikan dirinya siap bertempur dengan para pendahulunya. Lantas, apa kelebihan e-Commerce yang satu ini dibandingkan lainnya?


   Awalnya akan terkesan lucu, tak bohong, karena saya pun berpikir demikian ketika pertama kali tahu kalau ada e-Commerce baru yang bernama Duniahalal.com, otak saya langsung menuju deterjen halal dan semua yang berbau halal, padahal saya belum dapat yang halal (curhat) huft. Januari 2017 platform ini lahir, tapi baru resmi meluncur dan berani memperkenalkan dirinya kemarin (6/9), kenapa? karena PT Galaksi Dunia Halal selaku pengelola ingin membuat sebuah ‘dunia’, bukan sekedar tempat berbisnis online saja. “Dunia halal dibuat dari cita-cita yang sederhana tapi berdampak besar, halal lebih dari pedoman hidup” kata Ndang Sutisna selaku Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal, menurutnya saat ini sesuatu yang halal mulai dilupakan, tak hanya makanan, pakaian atau produk lainnya tapi cara pembayaran juga. Dan itu sesuatu yang mengkhawatirkan.

Mengukuhkan dirinya sebagai e-Commerce berbasis halal pertama di Indonesia, sulit pastinya menjadi yang ‘pertama’ karena harus terus melakukan inovasi agar tetap berada diposisi puncak, tapi saya cukup yakin Dunia Halal bisa melakukan hal itu karena awalnya saja ia sudah memberikan inovasi yang cukup unik dengan mengawinkan Bisnis 4.0 dan 2.0, jujur saya tak mengerti sepenuhnya akan hal ini, menurut Agung Sr, Managing Director Dunia Halal, bisnis 2.0 bisa kita lihat di facebook yang jika tidak ada yang posting makan facebook akan berhenti berkembang, sedangkan bisnis 4.0 adalah sebuah revolusi dan mencangkup industri keseluruhan sehingga kolaborasi ini dianggap tepat untuk dikembangkan. Tak sabar rasanya saya melihat result dan tanggapan masyarakat! Yeay.

Masalahnya, sebagian masyarakat pasti sudah tahu dan kadang sudah klop dengan salah satu e-Commerce, iyakan? Hayo ngaku? Apalagi kalau ada diskon, gratis ongkir, bahkan cicilan 0 %, langsung deh cari-klik-bayar, selesai, padahal belum tentu barang yang kita beli halal, cara pembayarannya sesuai syariat agama atau tidak, sedetik pasti pernah kita memikirkan hal itu. DUNIAHALAL.COM memberikan solusi akan hal itu, berbelanja online tanpa pusing memikirkan halal/tidak nya suatu barang, cara pembayaran yang ‘abu-abu’ hukumnya, bahkan beberapa kelebihan lainnya yang saya anggap sebagai inovasi menarik hadir, mau tahu apa saja?


1. KONSEP TERBARU


Berbasis halal, hal ini sudah saya tegaskan dari tadi tapi mungkin dari kalian ada yang ragu, halal nya dimana? Maksudnya apa? Jadi gini! Semua yang dijual di Duniahalal.com telah melewati sistem verifikasi oleh Divisi Syariah yang dimiliki PT Galaksi Dunia Halal, mereka yang memutuskan produk tersebut layak jual/tidak nantinya. Contohnya daging sapi, sesuai syariat islam daging yang dikatakan halal adalah cara pemotongannya yang benar, ada adab nya dan harus diikuti, jika tidak maka daging tersebut bisa saja haram, di Dunia Halal semua diatur dan dicek sesuai syariat islam sehingga hasil yang didapat atau produk yang dijual terjamin berkualitas dan dipastikan halal.

Dari segi pembayaran juga, Dunia Halal menjauhi penggunaan kartu kredit karena berpotensi riba, meskipun cicilan 0 % pasti ada tambahan biaya lainnya hingga denda keterlambatan yang harus dibayar jika telat bayar dan disitu lah yang diperhatikan oleh Dunia Halal, tak sesuai syariat islam.


2. LEBIH DARI LENGKAP


Saat pertama kali membuka aplikasi Dunia Halal saya cukup terkesan dengan banyaknya kategori pilihan yang disajikan, cukup lengkap, mulai dari Fashion, Makanan, Minuman, Produk Herbal, Pulsa, Token Listrik, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Kecantikan, Alat-Alat Rumah Tangga hingga Otomotif pun ada, tapi yang membuat beda adalah di platform ini kita bisa membeli Perlengkapan Ibadah dengan mudah, tentu sesuai namanya dong, seperti Baju Muslim, Mukena, Sarung, Sajadah, Peci hingga Tasbih dan Al-Quran juga ada loh, waw, saya jadi semakin merasa tak ada alasan untuk kita malas memiliki sarana penunjang menuju kebaikan, aihhhh. Yang lebih Subhalllah lagi, Dunia Halal menyediakan paket Wisata Halal, gak perlu pusing-pusing lagi cari agen travel atau destinasi wisata halal sendiri, tinggal klik Duniahalal.com kita sudah bisa memilih liburan halal kemana saja, Eropa, Amerika, Asia, bisa!

Dunia Halal juga menyediakan paket Umroh dan Haji Plus, yang terpercaya tentunya karena semua sesuai prosedur agama islam dan hukum di tanah air, jadi gak perlu takut ditipu, hehe. Sebenarnya ada satu lagi yang ditawarkan Dunia Halal, namanya Hallo Ustad, kalau kata Pak Agung, fitur yang satu ini cukup menarik karena kita bisa tahu jadwal ustad-ustad ternama jika ingin memintanya mengisi pengajian atau ceramah, tinggal chat aja di aplikasinya. Oh iya, kalau kalian donwload, daftar, dan mulai berbelanja saat ini beruntung banget loh karena ada diskon hingga 80 % menyambut peluncuran aplikasi ini, serta produk-produk terbaru dan recommended yang dengan mudah kalian pilih, buruan.




3. TUJUAN YANG JELAS

Rasanya bukan hanya materi, saat Pak Agung berkata “target kami jelas” tentu saya merasa arti ‘target’ ditujukan untuk para umat yang mencapai 80 % hadir di Indonesia, tak salah, itu hak bagi setiap perusahaan menentukan target pasar. Tapi saya melihat visi yang membanggakan dari Dunia Halal ini, secara tidak langsung mereka ingin mengangkat perekonomian umat, dalam proses berdirinya e-Commerce ini banyak sinergi yang dilakukan dengan masjid-masjid yang dinilai menjadi rumah untuk menjalin persatuan, bisa dibilang semacam dakwah melalui bisnis, bukan dakwah berkedok bisnis. Dunia Halal mengajak para pengurus masjid untuk lebih membuat struktur keuangan masjid yang jelas dengan memberikan edukasi serta pemahaman mengenai keuangan.

Perlegkapan masjid juga bisa dibeli di Duniahalal.com, untuk masjid yang berada di sekitar kota besar pasti sudah tahu bahkan memiliki koneksi saat membeli keranda jenazah atau perlengkapan masjid lainnya, tapi bayangkan untuk yang berada di pedalaman, perlu adanya informasi yang mereka miliki akan hal itu. Selain dengan para pengurus masjid, sinergi juga dilakukan bersama para pemiliki UKM untuk bersama membangun Duniahalal.com, mereka bisa memasarkan produk buatannya, tapi tetap harus sesuai prosedur yang berlaku.



Secara garis besar bisa dikatakan Dunia Halal mencoba peruntungannya di dunia bisnis e-Commerce, tapi 3 kelebihan tadi bisa menjadi pertimbangan kita untuk mulai berbelanja sekarang juga, mobile aplikasi nya sudah bisa didownload loh meskipun baru tersedia untuk android (saat saya download kemarin). ‘Halal’ adalah pedoman bisnis online ini berjalan sekaligus tujuan utama yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian umat, Dunia Halal bermaksud mengubah dunia dalam genggaman yang terlihat sempit tapi nyatanya luas dimana banyak ‘dosa’ yang secara tak langsung kita lakukan, meminimalisir kesalahan dari metode pembayaran mungkin adalah hal yang tepat. Pilihan ada di kita, mau yang halal atau tidak? 


You Might Also Like

11 comments

  1. Aku seneng banyak produk elektronik juga di sini. Kirain dalam bayanganku, ini hanya jualan kerudung dan perlengkapan Muslim aja ternyata banyak juga yah kategori produknya. 😀😀

    ReplyDelete
  2. iya bener ya.. duniahalal ini dakwa melalui bisnis. pembelinya jg insyaAllah aman ya saat bertransaksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, jadi tenang dan insyaAllah dapet pahala juga

      Delete
  3. Keren konsep aplikasinya. Alhamdulillah ecommerce sudah ada kepedulian untuk serba halal. Beruntungnya tinggal di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, Alhamdulillah banget ada e-Commerce yang ngerti dan peduli masalah halal/tidaknya suatu barang dan cara pembayaran, jadi bukan hanya nyari untung dan jual-beli ajah

      Delete
  4. Pas banget deh belanja sekarang udah bisa dimana aja tanpa harus ke store apalagi duniahalal pasti produknya halal jadi udah gak khawatir lagi pasti aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pastinya. Makin mudah dan terpercaya deh belanja di dunia halal

      Delete
  5. Yuk yuk "beli" paket wisata halal-nya! :D

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Henrietta Fernando, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan kepada sesiapa yang memerlukan sebarang bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% untuk individu, syarikat dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. Hubungi kami hari ini melalui e-mel untuk memohon dan mendapatkan pinjaman segera: (henriettafernandoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Baca ini jadi penasaran, dan baru tahu juga aku. Coba cek dulu ah, duniahalal.com nya..
    Terima kasih ya, Mas, salam kenal..

    ReplyDelete