Perlukah Blogger Punya Tabungan?

3:20:00 PM

"Wartawan beneran,  bukan blogger!" kalau tak salah begitulah kira-kira Tony Stark berucap di bagian akhir film Spiderman Homecoming yang beberapa waktu lalu sempat merajai box office. Tak perlu saya perjelas, yang harus ditekankan adalah lingkungan dan ketentuan kerja keduanya memang berbeda, dan saya pun senang menjadi blogger. Memang bingung menjabar 'kerja blogger tuh ngpain aja sih?' banyak banget,  bahkan kadang harus 'menolak' karena tak mau terlalu mengambil resiko telat deadline, apalagi saat ini blogger sudah 'makin eksis'dan terbilang menjanjikan menghasilkan uang,  tapi ingat,  kita harus membuat konten yang menarik.


Satu tahun sudah saya mencoba dunia blogging,  jujur,  pemasukan saya lebih banyak dari pada saya kerja dahulu,  bahkan beberapa barang bisa saya beli atau dapatkan secara 'gratis',  dan juga pengalaman ketemu orang-orang yang menginspirasi,  bahkan jalan-jalan 'gratis'. Terlepas dari kenikmatan itu semua tentu ada hal yang memang harus juga diperhatikan,  salah satunya dalam hal keuangan yang bisa dibilang 'tak jelas' masuk-keluarnya, saya pun menyiasatinya dengan memiliki tabungan, bagi saya ada 3 keuntungan memiliki tabungan 'khusus' di bank untuk blogger berdasarkan pengalaman saya saat ini, diantaranya...

1. Membuat 'jelas' keuangan
Seperti yang saya bilang tadi kalau kegiatan blogging cukup menjanjikan untuk menghasilkan uang, namun 'alur' uang tersebut kadang sulit terbaca, baru dapet langsung habis untuk bayar ini-itu,  atau justru lama cairnya dan kita pun lupa. Utnuk itu memiliki tabungan 'khusus' sangatlah perlu,  jangan dicampur dengan tabungan yang lain,  dengan kata lain kalian bisa buat yang baru khusus untuk kegiatan blogging.

Selain uang,  pasti ada voucher atau pun barang jika kita sebagai blogger sering diendorse di sosmed,  ini salah satu keuntungan juga menjadi blogger, bisa makin eksis di dunia maya, hehehe. Untuk memperjelas catatan keuangan tersebut juga baiknya kita buat note/catatan khusus layaknya buku kas.

2. Menghemat waktu
Jika memiliki tabungan di bank otomatis kita punya dong rekening,  dan jangan lupa untuk buat m-banking atau internet banking untuk memudahkan kita mengecek pemasukan kita,  beberapa blogger pasti sudah mengerti hal ini. Apalagi blogger itu ibarat satu paket dengan sosial media yang identik dengan internet,  jika paket data habis tentu butuh sekali perpanjang,  dan menggunakan m-banking atau internet banking amatlah membantu dalam pekerjaan dan tentunya sangat menghemat waktu.

3. Mendukung 'kelebihan yang saya miliki'
Menjadi seorang blogger terkadang 'lebih update' dan peka terhadap promo dan penawaran menarik dari sebuah brand atau event, misalnya promo makan, jalan-jalan,  bahkan promo ojek online pun kadang blogger tahu lebih dulu,  untuk mendukung hal tersebut tentunya kembali oada poin kedua tadi,  perlu cepat dan hemat waktu,  jadi fix wajib banget punya tabungan. Apalagi tabungan sekarang sudah di jamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)  hingga 2 M,  gak perlu takut lagi untuk membuka tabungan di bank, yang terpenting adalah kita mengikuti prosedur yang dibuat oleh LPS ini.

Ingat LPS, ingat aja 3T

Buat kalian yang belum tahu, Lembaga Penjamin Simpanan adalah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan (UU LPS) yang kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009. LPS sendiri mulai beroperasi pada tanggal 22 September 2015 dengan tujuan untuk menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai kewenangannnya, simpanan yang dimaksud seperti tabungan, deposito, giro dan sertifikat.

Saya pribadi sebenarnya masih bingung dengan beberapa orang yang ragu membuka tabungan di bank, apa sebenarnya alasan mereka, saking kepo nya saya sempat bertanya dengan teman saya,  dan jawaban mereka adalah "takut rugi dengan biaya admin", tapi apakah sebanding dengan keamanan yang bank tawarkan?  Kemudahan yang bank berikan dan keuntungan lainnya?  Saya sih lebih memilih aman dan nyaman untuk hasil jerih payah saya duduk berpikir di depan layar laptop,  atau dibilang aneh saat sibuk dengan smaprtphone sendiri, memang semua tergantung pada pribadi masing-masing,  tapi bagi saya memiliki tabungan adalah pilihan yang paling tepat.


You Might Also Like

0 comments