8 Cara Mudah Mendapatkan Ide Untuk Membuat Konten Viral

4:01:00 PM

"kalau konten nya sampah,  YouTube mau jadi apa" kira-kira seperti itulah dialog Ernest Prakarsa dalam film The Underdogs yang saat ini masih tayang di bioskop, bagi saya ini adalah film yang seru meskipun saya tak yakin Ernest akan mendulang prestasi yang sama seperti flm sebelumnya,  Cek Toko Sebelah. Soal konten,  youtuber favorit  saya, Agung Hapsah,  juga pernah berkata "sebanyak apapun folowers kalian,  sebanyak apapun subscribers kalian,  kalau konten nya sampah ya tetap sampah", bahkan guru saya,  orang yang banyak memberikan ilmu di dunia blogging,  Teh Ani Berta juga selalu mengingatkan kalau "Content is the king". Lantas bagi pemula seperti saya,  bagaimana membuat konten dengan standarisasi saat ini? Karena saat ini, konten ‘hitz’ adalah konten yang viral, meskipun kadang kurang bagus isi nya, iyakan? Hehehe.



   Sebuah keberuntungan bagi saya bisa ikut dalam event Brilio Corners yang pertama kali diselenggrakan pada Sabtu, 19 Agustus 2017 lalu bertempat di Graha Tirtadi, Kebayoran Baru, Jakarta yang merupakan markas Brilio.Net di Jakarta, keran kalian tahu tidak kalau ternyata markas besar nya justru ada di kota pelajar, Jogjakarta loh. Sebagai portal berita online yang fokus membidik kaum millenial sebagai pembacanya, Brilio yang selalu mendapatkan view bombastis hingga 120 juta kali dibeberapa artikelnya ini punya beberapa tips buat kita semua untuk membuat konten yang viral, secara tak langsung konten yang bisa menarik perhatian banyak orang terutama anak muda, namun berkualitas. Seperti diskon gede-gedean di situs belanja online, acara ini membuat saya siap duduk lama menimba ilmu dari sang ahli.

Pak Titis selaku Head Of Content dari Brilio memberikan kunci, bahwa situasi telah berubah, dulu dan sekarang sudah berbeda, itu kunci nya jika ingin membuat konten digital saat ini. Konten yang dimaksud bukanlah sembarang konten, namun konten yang viral dan bisa menarik banyak pembaca, siapa sih yang gak mau video yang kita buat, atau tulisan yang kita buat dibaca banyak orang? Saya pribadi mau banget tulisan saya dibaca dan dikomen banyak orang, vlog apalagi, hehehe. Sebenarnya peluang yang terlihat begitu besar kerena generasi millenial tak bisa jauh dari smartphone, kita blogger/vlogger yang biasa membuat konten harusnya bisa seperti Brilio yang melihat kesempatan ini untuk menjadikan teknologi ke arah yang positif dengan memberikan sajian konten yang pas untuk target pembaca.

Titis Widyatmoko

Kita harus tahu target konten yang kita buat untuk siapa, namun mayoritas pengguna internet saat ini adalah anak muda, kaum millenial seperti yang saya sebutkan tadi. Berarti kita bisa dong menerapkan cara dari Brilio, penasaran gak apa yang mereka lakukan sehingga mendapatkan banyak pembaca? Yang paling utama adalah mengetahui apa yang sering dibaca anak muda. Ada 5 fakta akan hal ini,
  • Anak muda suka konten yang LUCU & UNIK
  • Anak muda suka konten yang MENGGUGAH NURANI
  • Anak muda suka konten yang MEMUASKAN rasa penasarannya
  • Anak mudah selalu ingin tahu, KEPO
  • Anak muda suka hal yang MENGEJUTKAN
Buat yang penasaran, langsung deh download Brilio di smartphone kamu...

Hal di atas hanyalah ‘rumus’ saja, langkah selanjutnya adalah meraciknya, dan langsung dari ahlinya salah satu Reporter Brilio, Mas Andry Trysandy M. Ada 8 langkah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ide tadi sehingga menghasilkan konten yang viral, diantaranya....

1. Bersahabat dengan Media Sosial, untuk apa?  Untuk mengetahui apa yang lagi dibicarakan dunia maya saat ini, atau dengan kata lain kita bisa menggali hal-hal yang lagi hot di sosmed,  namun jangan lupa kita verifikasi dulu dengan melihat banyak sumber.

2. Melihat sisi lain dari berita yang kita dapat. Seperti yang disebutkan tadi, anak muda suka yang unik, untuk itu kita bisa cari hal unik dan berbeda dengan yang lain.

3. Memberi perhatian khusus pada peristiwa yang membangkitkan emosi/simpatik. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak foto atau video, dan biasanya foto human interest, bisa sedih, membanggakan, atau mungkin membuat marah.

4. Meme,  meme dan meme. Hal yang lucu, biasanya dengan meme, ini sebenarnya menguji kreatifitas kita untuk membandingkan beberapa hal, namun ingat, harus sesuai dengan fakta dan tak menyakiti pihak lain.

5. Artikel peduli lingkungan.  Faktanya, anak millenial tak hanya mengerti senang-senang saja loh, mereka sebenarnya peduli banget sama lingkungan tapi bingung mencari wadah (mungkin), dan jika ada gerakan pelestarian atau sejenisnya pasti anak muda banyak yang berkontribusi. Dijamin.

6. Konten yang kepo. Anak muda suka sesuatu yang membuatnya penasaran, biasanya tentang artis, namun jangan buat berita bohong ya, hehehe.

7. Artikel tentang informasi simple yang bernilai praktis. Maksudnya adalah kita bisa membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca, jadi pembaca artikel kita tak sia-sia menghabiskan kuotanya, hehe.

8. Pilih ide yang familiar dengan masyarakat. Tak pelu mengangkat tema yang berat, perhatikan saja apa yang terjadi di sekitar kita, yang dekat dengan masyarakat jadi pembaca bisa membayangkan dan merasakan apa yang kita ingin sampaikan.

Nah, itulah tips yang saya dapatkan dari acara Brilio Corners kemarin, terapkan yuk, tapi harus sering latihan, rajin-rajin deh posting... semangat!



You Might Also Like

8 comments

  1. Duhh suka banget sama selimut toska nya ��
    #salfok hahaha

    ReplyDelete
  2. Awalnya Cari ide buat bikin konten yg kadang sulit nih, tapi skrng udh tau caranya ...Tks Rian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata sekarang mudah ya, cukup liat yang biasa kita lakuin aja, di sosmed atau di sekitar.

      Delete
  3. emang yang terpenting adalah kualitas konten.. biar pembaca juga bisa belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, biar gak sia-sia bacanya.. Heheh

      Delete
  4. Dari 8 cara itu gue nggak suka konten yang bikin kepo, terutama tentang artis, sih. Hahaha. Kalau melihat sisi lain berita, sepertinya pasti beda-beda. Semua orang punya sudut pandang masing-masing. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup kepo sama kehidupan sendiri ya yog, hehehhe

      Delete