Semen Merah Putih, Membangun Negeri Dengan 5 Fondasi Utama, Apa Saja?

11:35:00 PM

“Mengapa Semen Merah Putih lambangnya badak?”


   Sejujurnya saya pun baru tahu ada semen yang namanya SEMEN MERAH PUTIH, bisa dibilang saya kurang update karena ternyata semen ini telah ada sejak tahun 2011 bersamaan dengan berdirinya PT. Cemindo Gemilang meskipun peluncuran produk semen ini justru baru dimulai secara ‘gencar’ pada akhir 2012 dan melalui beberapa anak perusahaan per tahun 2013. PT. Cemindo Gemilang sendiri memiliki satu pabrik pusat yang terintegrasi di daerah Bayah, Banten, yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 4 juta ton semen per tahun, waw. Dan yang lebih spesial lagi, perusahaan penghasil semen berkualitas premium ini menjadi industri pelopor di daerah sana, daerah dengan alam yang masih asri dan dekat dengan pantai sawarna, untuk kalian yang pernah ke sana pasti tahu betul betapa indahnya keadaan alam Banten.

Pengetahuan saya bertambah saat berkesempatan berdiskusi bersama Bapak Sigit Indrayana selaku Senior Manager Corporate PR, Corporate CSR dan Goverment Relation PT. Cemindo Gemilang yang bersedia berdiskusi dengan kami sekaligus berbuka puasa beberapa hari lalu. Selain pabrik pertama yang terletak di Banten, perusahaan penghasil semen yang memiliki visi ‘Menjadi perusahaan global terkemuka di bidang material bangunan dengan mengedepankan solusi inovatif’ ini juga memiliki 7 lokasi pabrik lainnya yang tersebar di beberapa daerah seperti Grasik, Ciwadan, Medan, Bengkulu, dan Pontianak.

Sigit Indrayana - Eko Pujianto

Lantas, mengapa Semen Merah Putih lambangnya badak? Pikiran saya tiba-tiba bertanya. “Kita ingin membumi di mana kita berada, pabrik kita di Banten untuk itu kita memilih badak bercula satu sebagai lambangnya” kata Pak Sigit. Saya sangat suka dengan alasan beliau, karena menurut saya memang seharusnya perusahaan besar mencoba berbangga dengan kearifan lokal yang sudah mulai dilupakan untuk sebuah lambang, saya saja kadang pusing dengan ‘lambang abstrak yang katanya artistik’ untuk sebuah perusahaan, sulit dimengerti menurut saya. Dalam proses produksinya semen ini yakin bisa menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk masa depan negeri, kalimat tersebut juga dijadikan tagline untuk produk ini, tentunya dengan tiga hal kelebihan yang ditawarkan yaitu LEBIH KUAT dengan bahan baku pilihan dan peralatan produksi yang mutakhir, TAHAN LAMA karena mengandung pilihan khusus, dan MUDAH DIAPLIKASIKAN tentunya dengan karakteristik butiran yang unik.

Dengan misinya ‘Menyediakan produk yang lebih diminati dan layanan terbaik dengan pengelolaan yang handal, ramah lingkungan, dan memberikan nilai tambah yang lebih untuk seluruh shareholder’, PT. Cemindo Gemilang juga melakukan sebuah program sosial atau CSR yang diyakini bisa memberikan ‘izin sosial’ atas pembangunan pabrik nya. “Kami ingin berbagi, kami mempunyai 5 pilar dalam kegiatan CSR, objektif kegiatan kami ini adalah ingin memiliki izin sosial dari masyarakat” kata Pak Sigit, karena menurutnya izin Ini sangat menantang bagi terciptanya pabrik utama di Bayah. Izin sosial berbeda dengan izin legal yang sudah diputuskan oleh pemerintah.


Izin sosial tentunya cukup erat dengan kegiatan CSR sebuah perusahaan, bahkan bisa dibilang wajib dilakukan agar sang pemilik/pembuat perusahaan tahu bagaiaman pandangan masyarakat sekitar pabrik terhadap pembangunan yang dilakukan dan dampak perubahannya sejauh mana, setuju atau tidak. Dengan kegiatan CSR sebuah perusahaan bisa membuktikan sebuah tampilan wajah industri yang ramah, masyarakat pun dapat mengenal perusahaan tersebut tak hanya bidang ekonomi saja, tapi kegiatan sosialnya juga, seperti yang dilakukan PT. Cemindo Gemilang di daerah Banten dan sekitarnya yang bertujuan menciptakan masyarakat yang mandiri serta menumbuhkan potensi tersembunyi yang ada di masyarakat. Penasaran apa saja 5 pilar CSR perusahaan bermerk dagang Semen Merah Putih ini?

PENDIDIKAN, fokus pertama yang dipilih adalah membangun pendidkan masyarakat sekitar dengan menghadirkan beberapa jurusan keterampilan baru, lebih beragam dari sebelumnya karena Semen Merah Putih ingin lebih banyak lagi orang yang bisa hal-hal beragam lainnya, tak hanya administrasi saja. Program yang sudah berjalan diantaranya Peningkatan Kompetensi Masyarakat dengan pengadaan program sertifikasi operator yang bermitra dengan Kementrian Perindustrian RI dan Universitas Tirtayasa, Banten. Selanjutnya juga telah terlaksana Program Bea Siswa dan Bantuan Pendidikan 100 putra-putri terbaik daerah Bayah, serta program pendidikan lanjutan S1 dan S2 bagi karyawan.

“Kami sering melakukan kolaborasi dengan pemerintah dalam bidang tenaga kerja dan pendidikan” jelas Pak Sigit, namun kolaborasi juga Semen Merah Putih jalin bersama pihak lainnya dengan menghadirkan Program Ayo Gemar Membaca yang telah dirasakan 200 siswa SD – SMP di wilayah Bekasi. Ada juga Program Pangkalan Baca Desa (Pakades) yang diwujudkan dengan memberikan donasi papan informasi (seperti mading) untuk media informasi warga  Kabupaten Serang, Banten. Dan juga Program Gerakan membaca Bersama berupa donasi buku-buku bacaan yang didistribusikan ke seluruh sekolah di Serang, Banten. “Lewat pendidikan, kami percaya mereka bisa menjadi tumpuan untuk daerahnya” lanjut Pak Sigit.

SOSIAL, selanjutnya PT. Cemindo Gemilang juga melihat aspek sosial yang harus dikokohkan, terutama fasilitas sosial yang harus diperbaiki seperti masjid, jalan desa, kantor pemerintahan atau pun instansi hingga MCK. Semen Merah Putih juga melakukan Donasi Semen Renovasi Hunian Tidak Layak berupa bedah rumah. “Besok kita menjalin kerjasama dengan Pemprov DKI mulai dari 83 rumah di daerah Cilincing, Jakarta Utara untuk memulai sesuatu yang baik” ucap Pak Sigit.

EKONOMI, juga bidang ekonomi yang dilirik Semen Merah Putih dalam membangun negeri. Pertama yang mereka lakukan adalah Program Ekonomi Kerakyatan dengan memberikan 100 warga sekitar melakukan pemberdayaan terhadap lahan kososng milik perusahaan untuk kegiatan pertanianjagung dan karet. Pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) juga aktif dilakukan dengan mengundang pihak ketiga untuk membantu mengajarkan warga sekitar membuat batik dan kerajinan lainnya, produk yang sudah bisa dihasilkan melalui program ini yaitu kripik pisang khas Bayah dan juga batik khas lokal dengan motif Badui dan Sawarna.

Kripik Pisang khas Bayah

Menurut PT. Cemindo Gemilang, permasalahan ekonomi yang harus diperhatikan adalah produksi dan pemasarannya, yang memastikan perlu adanya kolaborasi dengan beberapa pihak untuk melakukan berbagai pemberdayaan. Sedangkan untuk pemasaran, Semen Merah Putih berusaha melakukan hal konkret dengan membantu memberikan hasil buatan/produk warga kepada bupati dan orang-orang penting sebagai ajang promosi. “Dana juga bukan dari kami, namun dari pihak ketiga, karena kami juga ingin mengajarkan mereka bertanggung jawab dari segi ekonomi yang mereka bangun sendiri” tegas Pak Sigit.

KESEHATAN, untuk pilar yang satu ini Semen Merah Putih berusaha sejalan dengan program yang dimiliki Pemerintah Provinsi Banten agar tak ada yang tumpang tindih, seperti memberikan layanan kesehatan (penyuluhan, pemeriksaan serta pengobatan gratis) yang diselenggarakan tenaga medis Semen Merah Putih dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak.  Tak lupa juga Program Bantuan Fasilitas Kesehatan dengan memberikan 1 unit ambulance serta poliklinik 24 jam untuk membnatgu masyarakat sekitar pabrik.


LINGKUNGAN HIDUP, terakhir Semen Merah Putih berfokus oada lingkungan sekitar dengan Program Penghijauan, penyerahan bibit tanaman dilakukan kepada warga untuk membuat lingkungan hijau kembali dan banyak udara segar. Juga dilakukan Program Green Cleaning dengan mengajak 500 warga untuk ikut berpartisipasi dalam aksis bersih-bersih di Pantai Sawarna dan penyuluhan sadar sampah. “Kami ingin menjadi yang terdepan” kata Pak Sigit, dengan mengadakan Program Perawatan Jalan Semen Merah Putih berharao bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, dan masyarakat pun menjadi sadar kalau semua usaha juga memiliki dampak positif untuk orang banyak selain sebagai pembuka lowongan pekerjaan. Saya pribadi berharap 5 Pilar ini bisa dicontoh perusahaan lainnya agar semakin banyak perubahan yang terjadi di Indonesia, kebayangkan kalau lingkungan bersih, jalanan bagus, masyarakat makin mandiri dan pintar, serta semua sehat, pasti Indonesia semakin......kalian cintai.

You Might Also Like

21 comments

  1. Keren ya Semen Merah Putih, bangga dengan tempat di mana dia berada, sampai logonya berupa badak bercula satu :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas liputan Program CSR Semen Merah Putih. Kami sangat senang teman-teman Blogger dapat memberikan apresiasi positif terhadap 5 pilar CSR di PT. Cemindo Gemilang selaku produsen semen di Indonesia dan pemegang merek Semen Merah Putih. Kami dengan senang hati dapat mengundang teman-teman Blogger untuk mengunjungi pabrik semen kami, khususnya pabrik semen terintegrasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pabrik semen tersebut berdiri di dekat area wisata Pantai Sawarna dan tepat menghadap Samudera Hindia yang menawarkan keindahan alam yang fantastis, bahkan posisi pabrik Bayah tepat menghadap lokasi matahari terbenam (sunset), jadi teman-teman Blogger bisa mengabadikan momen indah di pabrik kami dengan latar belakang warna kuning keemasan dan merah menyala pada saat sunset. Amazing

    ReplyDelete
  3. Halo,
    Saya James Loan Funds pemilik legal dari pinjaman yang cepat dan bertanggung jawab itu
    Mengeluarkan pinjaman jangka pendek dan panjang untuk semua individu pribadi
    Dan pria / wanita bisnis siapa pun yang berminat harus menghubungi lebih
    Rincian: jamesloanfirm72@gmail.com

    Maafkan saya karena mengganggu waktu Anda yang berharga.

    Ini adalah Lembaga Penjamin Keuangan; Kami mengkhususkan diri dalam pendanaan
    Dan menawarkan tingkat Pinjaman @ 3% kepada individu dan perusahaan yang berkepentingan
    Yang mencari bantuan keuangan dan pertumbuhan bisnis atau bisnis
    Dana ekspansi Kami menawarkan Pinjaman dengan jaminan yang dapat diandalkan untuk semua
    Pelamar yang memenuhi syarat: jamesloanfirm72@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  5. Halo semua,
    Nama saya Alya Ryo dari Jakarta di Indonesia, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu, saya mengajukan pinjaman sekitar 300 juta dari seorang wanita di negara-negara Amerika Serikat dan saya kehilangan sekitar 20 juta tanpa mendapatkan pinjaman , Mereka berulang kali meminta biaya, dan saya membayar tapi tetap saja saya tidak mendapat pinjaman, mereka menyebut saya sekitar 2 kali untuk dua wanita berbeda di ibu kota Spanyol, saya harap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi saya tidak melakukannya. Dan saya kehilangan bisnis saya dalam prosesnya.
    Beruntung bagi saya, seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan mendapat pinjaman tanpa stres, mengenalkan saya pada PINJAMAN JAMINAN JAMINAN, Ibu Ivana Luka dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir itu adalah penipuan seperti biasa, Tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam, 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena bisnis saya kembali lagi
    Jadi saya saran siapapun yang butuh pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Ivana Luka melalui email: ivanaluka04@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memiliki keraguan atau memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: alyaryo10@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  7. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Allah telah setia kepada saya dan seluruh rumah saya bertahan sejak Agustus 2017, kesaksian saya dan kabar baik saya berlanjut seperti ini,
    Nama saya Haerul, seorang Muslim beragama dan saya berasal dari kota bandung indonesia
    Saya adalah seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (haerulh160@gmail.com). Saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua warga Indonesia tentang apa yang telah dilakukan oleh perusahaan pinjaman Mrs Olivia Daniel kepada saya. Platform ini untuk memberi tahu mereka yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang ada di sini untuk merobek uang Anda dengan susah payah.

    Seperti yang dapat Anda lihat di foto profil saya, saya dalam hutang besar dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman secara online untuk melunasi hutang saya dan saya menghubungi perusahaan pinjaman dari syngapore yang pada bulan Maret 2017, dan saya ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta saya untuk membayar banyak biaya, saya membayar dan pada akhirnya saya tidak mendapatkan pinjaman, saya kehilangan sekitar 20 juta untuk sebuah perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena saya mengajukan pinjaman sebesar 900 juta dan dengan semua Biaya yang saya bayar Saya tidak mendapat pinjaman dan saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan saya bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Allah sangat baik, saya berdoa dan bahwa Allah mengarahkan saya kepada seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 17 Agustus 2017, saya sedang browsing internet saat saya menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yuli melalui email: (yuliy3531@gmail.com)
    Siapa dari Jakarta Selatan di Indonesia, bagaimana Allah mengubah kehidupan finansialnya melalui perusahaan pinjaman dan dia meminta saya untuk menghubungi email ibu Olivia Daniel: (oliviadaniel93@gmail.com) dan dia mengenalkan saya pada ibu Olivia Daniel dan dia memberi saya keberanian dan Saya mengajukan pinjaman dari ibu Olivia Daniel dan saya menerima pinjaman yang telah saya cari selama ini dan allah akan terus memberkati Yuli untuk mengenalkan saya.

    ReplyDelete
  8. Adakah anda sedang mencari pinjaman? Kami menawarkan pinjaman yang dirancang untuk memenuhi keperluan kewangan dan peribadi anda Pinjaman perniagaan dengan skim kelulusan pinjaman cepat. Kami meminjam wang dari mereka yang memerlukan bantuan kewangan, kami memberi kredit kepada orang yang mempunyai kredit yang buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur dalam perniagaan. anda tidak perlu bimbang, kerana anda berada di tempat yang betul, saya menawarkan pinjaman dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%, jadi jika anda memerlukan pinjaman, saya ingin anda menghubungi saya di alamat e-mel ini: gloriasloancompany@gmail.com / Nombor whatspp: +16106341142
    MAKLUMAT PERMOHONAN KREDIT YANG DIPERLUKAN:
    1) Nama penuh: ............
    2) Seks: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nombor Telefon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Diperlukan: .....
    9) Tempoh pinjaman: ...............
    10) Tujuan pinjaman: ...........

    ReplyDelete
  9. Halo

    Assalamu`alaikum `Insya Allah ANNISA AHMAD LOAN COMPANY:

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete
  10. Hello Everyone, setelah menipu tabungan hidup suamiku dengan susah payah, aku terhuyung-huyung ke Layanan Pinjaman Nyata Rosemary Equal yang harus aku hubungi yang membuat setiap langkah jelas bagiku dan aku mendapat pinjamanku kurang dari 1 jam.
    Jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman pinjaman yang baik, Anda dapat menghubungi saya melalui Helenrichards0718@gmail.com dan dan saya akan memberitahu Anda bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari ibu baik Ibu Rosemary yang telah membuat saya dan keluarga saya bahagia. Selamat kembali, saya memang wanita yang bahagia atau Anda dapat menghubungi Ibu Yang Baik Rosemary Via email: equaloan@gmail.com atau Anda dapat mengunjungi situs perusahaannya http://www.equaloans.com untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Rosemary yang baik.
    Tetap diberkati

    ReplyDelete
  11. Halo semua,

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, saya menawarkan pinjaman sebesar 2% ini adalah perusahaan yang sah kehormatan dan perbedaan kami siap membantu Anda dalam masalah keuangan bahwa Anda adalah kami menawarkan semua jenis pinjaman jadi jika Anda tertarik dengan hal ini penawaran pinjaman silakan hubungi kami di email kami: (anggadiman1@gmail.com)

    Juga sediakan keterangan berikut agar kita bisa melanjutkan dengan pinjaman
    segera.

    Nama:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Lamanya:
    negara:
    Tujuan pinjaman:
    Pendapatan bulanan:
    Nomor telepon:

    Hubungi kami dengan rincian di atas di email kami: anggadiman1@gmail.com

    Salam untuk kalian semua

    ReplyDelete


  12. Halo.
    Saya adalah Bapak Blas Macario seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar pencarian tagihan Anda lebih jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (fidelityfortunefinance1@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

    ReplyDelete
  13. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari sana karena jumlah kredit yang rendah, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman Nyata yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami. melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Nyonya kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Halo,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Henrietta Fernando, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan kepada sesiapa yang memerlukan sebarang bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% untuk individu, syarikat dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. Hubungi kami hari ini melalui e-mel untuk memohon dan mendapatkan pinjaman segera: (henriettafernandoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  15. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, namun saya kagum. ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melesat ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM)

    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  16. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, namun saya kagum. ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melesat ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  17. Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, jangan khawatir lagi karena @ MORGANSTE LOAN FIRM, kami adalah perusahaan keuangan berpengalaman yang memberikan pinjaman kerumitan untuk individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. Hubungi layanan pelanggan kami
    Email: morgansteloanfirm@gmail.com
    Viber: +14848318733
    Whatsapp: +14848318733

    Untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon isi formulir aplikasi di bawah ini:
    DATA PEMOHON:
    1. Nama
    2. Negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
    11. Jika Anda telah menolak memberikan alasan. .........................................

    ReplyDelete
  18. Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, jangan khawatir lagi karena @ MORGANSTE LOAN FIRM, kami adalah perusahaan keuangan berpengalaman yang memberikan pinjaman kerumitan untuk individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. Hubungi layanan pelanggan kami
    Email: morgansteloanfirm@gmail.com
    Viber: +14848318733
    Whatsapp: +14848318733

    Untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon isi formulir aplikasi di bawah ini:
    DATA PEMOHON:
    1. Nama
    2. Negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
    11. Jika Anda telah menolak memberikan alasan. .........................................

    ReplyDelete
  19. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum sebanyak EUR 5,000 hingga EUR 20 juta
    Dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    Pinjaman
    Tempoh: sehingga 25 tahun bergantung kepada jumlah pinjaman yang anda perlukan.
    Pelanggan mesti
    Menjadi lebih tua daripada 18 tahun
    Transaksi ini Adalah 100% Selamat Untuk Semua Pelanggan
    Untuk maklumat bonus lagi hubungi kami melalui e-mel:
    (estheradamloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete

  20. Pinjaman hiu jahat tanpa simpati manusia, senjata pinjaman adalah orang-orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusia, mereka terlalu ketat, saya sangat frustrasi dan disiksa oleh pinjaman hiu saya kehilangan harta benda saya termasuk mobil dan rumah saya untuk pinjaman hiu Karena ketidakmampuan saya untuk bertemu dengan cicilan pinjaman saya dengan mereka, pinjaman hiu tetap memburu saya tanpa belas kasihan saya ditakdirkan, saya tidak punya pilihan selain membayar kembali sehingga saya bebas dari mereka, saya dipaksa untuk mencari Pinjaman di tempat lain jadi saya akan melunasi hutang saya dengan karena ini adalah satu-satunya alternatif yang tersisa untuk saya, maka saya mulai mencari pinjaman di internet saya mendapatkan semacam Ibu Pemberi Pinjaman. Ibrahim Maisara yang menawari saya pinjaman sehingga saya bisa melunasi hutang saya dengan pinjaman hiu hari ini, itu adalah Ibu. Ibrahim Maisara yang membantu saya dengan memberi saya pinjaman, mereka tidak seperti hiu pinjaman jahat, mereka adalah perusahaan pinjaman terbaik untuk mendapatkan pinjaman, siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus menghubungi mereka dengan alamat kontak mereka: ibrahimmaisaralenders@gmail.com Atau Undang BBM: D8CFF0A7 mereka pemberi pinjaman yang baik, terpercaya dan terpercaya, Hubungi Ibu. Ibrahim Maisara Perusahaan Pinjaman dan mudah mendapatkan pinjaman dari mereka.
    Assalamu'alaikum wr wb,

    ReplyDelete