Semen Merah Putih, Membangun Negeri Dengan 5 Fondasi Utama, Apa Saja?

“Mengapa Semen Merah Putih lambangnya badak?”


   Sejujurnya saya pun baru tahu ada semen yang namanya SEMEN MERAH PUTIH, bisa dibilang saya kurang update karena ternyata semen ini telah ada sejak tahun 2011 bersamaan dengan berdirinya PT. Cemindo Gemilang meskipun peluncuran produk semen ini justru baru dimulai secara ‘gencar’ pada akhir 2012 dan melalui beberapa anak perusahaan per tahun 2013. PT. Cemindo Gemilang sendiri memiliki satu pabrik pusat yang terintegrasi di daerah Bayah, Banten, yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 4 juta ton semen per tahun, waw. Dan yang lebih spesial lagi, perusahaan penghasil semen berkualitas premium ini menjadi industri pelopor di daerah sana, daerah dengan alam yang masih asri dan dekat dengan pantai sawarna, untuk kalian yang pernah ke sana pasti tahu betul betapa indahnya keadaan alam Banten.

Pengetahuan saya bertambah saat berkesempatan berdiskusi bersama Bapak Sigit Indrayana selaku Senior Manager Corporate PR, Corporate CSR dan Goverment Relation PT. Cemindo Gemilang yang bersedia berdiskusi dengan kami sekaligus berbuka puasa beberapa hari lalu. Selain pabrik pertama yang terletak di Banten, perusahaan penghasil semen yang memiliki visi ‘Menjadi perusahaan global terkemuka di bidang material bangunan dengan mengedepankan solusi inovatif’ ini juga memiliki 7 lokasi pabrik lainnya yang tersebar di beberapa daerah seperti Grasik, Ciwadan, Medan, Bengkulu, dan Pontianak.

Sigit Indrayana - Eko Pujianto

Lantas, mengapa Semen Merah Putih lambangnya badak? Pikiran saya tiba-tiba bertanya. “Kita ingin membumi di mana kita berada, pabrik kita di Banten untuk itu kita memilih badak bercula satu sebagai lambangnya” kata Pak Sigit. Saya sangat suka dengan alasan beliau, karena menurut saya memang seharusnya perusahaan besar mencoba berbangga dengan kearifan lokal yang sudah mulai dilupakan untuk sebuah lambang, saya saja kadang pusing dengan ‘lambang abstrak yang katanya artistik’ untuk sebuah perusahaan, sulit dimengerti menurut saya. Dalam proses produksinya semen ini yakin bisa menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk masa depan negeri, kalimat tersebut juga dijadikan tagline untuk produk ini, tentunya dengan tiga hal kelebihan yang ditawarkan yaitu LEBIH KUAT dengan bahan baku pilihan dan peralatan produksi yang mutakhir, TAHAN LAMA karena mengandung pilihan khusus, dan MUDAH DIAPLIKASIKAN tentunya dengan karakteristik butiran yang unik.

Dengan misinya ‘Menyediakan produk yang lebih diminati dan layanan terbaik dengan pengelolaan yang handal, ramah lingkungan, dan memberikan nilai tambah yang lebih untuk seluruh shareholder’, PT. Cemindo Gemilang juga melakukan sebuah program sosial atau CSR yang diyakini bisa memberikan ‘izin sosial’ atas pembangunan pabrik nya. “Kami ingin berbagi, kami mempunyai 5 pilar dalam kegiatan CSR, objektif kegiatan kami ini adalah ingin memiliki izin sosial dari masyarakat” kata Pak Sigit, karena menurutnya izin Ini sangat menantang bagi terciptanya pabrik utama di Bayah. Izin sosial berbeda dengan izin legal yang sudah diputuskan oleh pemerintah.


Izin sosial tentunya cukup erat dengan kegiatan CSR sebuah perusahaan, bahkan bisa dibilang wajib dilakukan agar sang pemilik/pembuat perusahaan tahu bagaiaman pandangan masyarakat sekitar pabrik terhadap pembangunan yang dilakukan dan dampak perubahannya sejauh mana, setuju atau tidak. Dengan kegiatan CSR sebuah perusahaan bisa membuktikan sebuah tampilan wajah industri yang ramah, masyarakat pun dapat mengenal perusahaan tersebut tak hanya bidang ekonomi saja, tapi kegiatan sosialnya juga, seperti yang dilakukan PT. Cemindo Gemilang di daerah Banten dan sekitarnya yang bertujuan menciptakan masyarakat yang mandiri serta menumbuhkan potensi tersembunyi yang ada di masyarakat. Penasaran apa saja 5 pilar CSR perusahaan bermerk dagang Semen Merah Putih ini?

PENDIDIKAN, fokus pertama yang dipilih adalah membangun pendidkan masyarakat sekitar dengan menghadirkan beberapa jurusan keterampilan baru, lebih beragam dari sebelumnya karena Semen Merah Putih ingin lebih banyak lagi orang yang bisa hal-hal beragam lainnya, tak hanya administrasi saja. Program yang sudah berjalan diantaranya Peningkatan Kompetensi Masyarakat dengan pengadaan program sertifikasi operator yang bermitra dengan Kementrian Perindustrian RI dan Universitas Tirtayasa, Banten. Selanjutnya juga telah terlaksana Program Bea Siswa dan Bantuan Pendidikan 100 putra-putri terbaik daerah Bayah, serta program pendidikan lanjutan S1 dan S2 bagi karyawan.

“Kami sering melakukan kolaborasi dengan pemerintah dalam bidang tenaga kerja dan pendidikan” jelas Pak Sigit, namun kolaborasi juga Semen Merah Putih jalin bersama pihak lainnya dengan menghadirkan Program Ayo Gemar Membaca yang telah dirasakan 200 siswa SD – SMP di wilayah Bekasi. Ada juga Program Pangkalan Baca Desa (Pakades) yang diwujudkan dengan memberikan donasi papan informasi (seperti mading) untuk media informasi warga  Kabupaten Serang, Banten. Dan juga Program Gerakan membaca Bersama berupa donasi buku-buku bacaan yang didistribusikan ke seluruh sekolah di Serang, Banten. “Lewat pendidikan, kami percaya mereka bisa menjadi tumpuan untuk daerahnya” lanjut Pak Sigit.

SOSIAL, selanjutnya PT. Cemindo Gemilang juga melihat aspek sosial yang harus dikokohkan, terutama fasilitas sosial yang harus diperbaiki seperti masjid, jalan desa, kantor pemerintahan atau pun instansi hingga MCK. Semen Merah Putih juga melakukan Donasi Semen Renovasi Hunian Tidak Layak berupa bedah rumah. “Besok kita menjalin kerjasama dengan Pemprov DKI mulai dari 83 rumah di daerah Cilincing, Jakarta Utara untuk memulai sesuatu yang baik” ucap Pak Sigit.

EKONOMI, juga bidang ekonomi yang dilirik Semen Merah Putih dalam membangun negeri. Pertama yang mereka lakukan adalah Program Ekonomi Kerakyatan dengan memberikan 100 warga sekitar melakukan pemberdayaan terhadap lahan kososng milik perusahaan untuk kegiatan pertanianjagung dan karet. Pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) juga aktif dilakukan dengan mengundang pihak ketiga untuk membantu mengajarkan warga sekitar membuat batik dan kerajinan lainnya, produk yang sudah bisa dihasilkan melalui program ini yaitu kripik pisang khas Bayah dan juga batik khas lokal dengan motif Badui dan Sawarna.

Kripik Pisang khas Bayah

Menurut PT. Cemindo Gemilang, permasalahan ekonomi yang harus diperhatikan adalah produksi dan pemasarannya, yang memastikan perlu adanya kolaborasi dengan beberapa pihak untuk melakukan berbagai pemberdayaan. Sedangkan untuk pemasaran, Semen Merah Putih berusaha melakukan hal konkret dengan membantu memberikan hasil buatan/produk warga kepada bupati dan orang-orang penting sebagai ajang promosi. “Dana juga bukan dari kami, namun dari pihak ketiga, karena kami juga ingin mengajarkan mereka bertanggung jawab dari segi ekonomi yang mereka bangun sendiri” tegas Pak Sigit.

KESEHATAN, untuk pilar yang satu ini Semen Merah Putih berusaha sejalan dengan program yang dimiliki Pemerintah Provinsi Banten agar tak ada yang tumpang tindih, seperti memberikan layanan kesehatan (penyuluhan, pemeriksaan serta pengobatan gratis) yang diselenggarakan tenaga medis Semen Merah Putih dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak.  Tak lupa juga Program Bantuan Fasilitas Kesehatan dengan memberikan 1 unit ambulance serta poliklinik 24 jam untuk membnatgu masyarakat sekitar pabrik.


LINGKUNGAN HIDUP, terakhir Semen Merah Putih berfokus oada lingkungan sekitar dengan Program Penghijauan, penyerahan bibit tanaman dilakukan kepada warga untuk membuat lingkungan hijau kembali dan banyak udara segar. Juga dilakukan Program Green Cleaning dengan mengajak 500 warga untuk ikut berpartisipasi dalam aksis bersih-bersih di Pantai Sawarna dan penyuluhan sadar sampah. “Kami ingin menjadi yang terdepan” kata Pak Sigit, dengan mengadakan Program Perawatan Jalan Semen Merah Putih berharao bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, dan masyarakat pun menjadi sadar kalau semua usaha juga memiliki dampak positif untuk orang banyak selain sebagai pembuka lowongan pekerjaan. Saya pribadi berharap 5 Pilar ini bisa dicontoh perusahaan lainnya agar semakin banyak perubahan yang terjadi di Indonesia, kebayangkan kalau lingkungan bersih, jalanan bagus, masyarakat makin mandiri dan pintar, serta semua sehat, pasti Indonesia semakin......kalian cintai.

5 comments

  1. Keren ya Semen Merah Putih, bangga dengan tempat di mana dia berada, sampai logonya berupa badak bercula satu :)

    ReplyDelete
  2. Adakah anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang anda?
    Anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan,
    pinjaman untuk membayar bil,
    Kami berada di sini untuk memberi pinjaman apa-apa amaun
    Kami memberi pinjaman kadar faedah 2%, hubungi kami melalui alamat syarikat:
    trustfundloanfirm2020@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete