Film InsyaAllah, Sah! - Alhamdulillah 'Menghibur'

Dulu, film Mendadak Dangdut (2006) berhasil membuat Titi Kamal terkenal di mata saya, apalagi lagunya yang berjudul 'jablay' terus diputar di mana-mana, dan juga membuat aktris yang biasa dipanggil Tikam ini berhasil menyabet penghargaan sebagai Most Favourite Actress di MTV Indonesia Movie Award 2006, terhitung cukup lama jika mengingat hingga saat ini ia blm mendapatkan penghargaan lagi lewat bakat aktingnya, CMIIW. Tahun ini, sepertinya Tikam mencoba strategi yang sama dengan membuatnya dirinya 'bernyanyi' dalam sebuah film berjudul INSYAALLAH, SAH! yang sudah tayang per tanggal 25 Juni 2017 lalu, tepat di hari raya lebaran. Akan kah kesuksesan yang sama juga diraihnya?


   Seperti biasa saya akan memulai sedikit 'berbicara' tentang film ini dari posternya. Saya suka sekali latar putih poster film ini, pertama kali melihatnya saya sok tahu banget menebak jalan ceritanya, Tikam berhubungan dengan Richard Kyle dan dipisahkan oleh Panji Pragiwaksono, tak salah memang, namun secara faktanya film ini memiliki banyak kejutan dari sisi cameo, sangat bertabur bintang dan semuanya menghibur tanpa mengambil spotlight yang diciptakan untuk pemeran utama. Dalam poster terdapat 3 tokoh utama, dan hingga akhir film pun tetap berusaha menguatkan ketiga karakter tadi, meskipun beberapa pemeran pembantu terlihat 'dipaksakan' terlibat untuk membentuk konflik dan menambah bumbu cerita kekeluargaan, drama, komedi serta hal tak terduga lainnya.

InsyaAllah Sah! adalah film dengan tema yang bisa dibilang ringan, ceritanya tak melebar kemana-mana dan cukup menarik. Diangkat dari novel yang berjudul sama karya Achi TM, yang saya pun belum membancanya (kebiasaan, saya takut membandingkan soalnya, heheh), film ini sangatlah memiliki pesan yang jelas tanpa ditutupi atau pun berputar-putar, penonton tak perlu berpikir untuk mendapatkan message yang ingin disampaikan film ini, tak membuat otak lelah tepatnya sehingga tepat banget untuk sisaksikan segala 'kalangan, jenis dan karakter' yang berbeda-beda. Moment nya pun terbilang sangatlah tepat dengan hari raya lebaran ini, film ini sangat saya rekomendasikan untuk kalian para remaja dan orang tua yang ingin menonton film tanah air jika takut nonton yang seram-seram atau bosen dengan yang sedih-sedih. InysaAllah Sah! adalah film bergenre drama-komedi dengan paket lengkap, plus minum, buat kamu yang ingin belajar agama tanpa terkesan menggurui.

Titi Kamal yang dalam film ini berperan sebagai Silvi memang tak keluar dari zona nyamanya, saya tak melihat ada hal baru yang ia suguhkan, tapi dalam film ini Tikam berhasil mengajak penonton mengikuti cerita, terbilang berhasil menjadi lead apalagi ketika satu frame dengan Panji Pragiwaksono yang berperan sebagai Raka, karakter unik dalam film ini. Panji sangatlah mengihubur dan berarti banget untuk film ini, dia memang pembawa pesan yang diperkuat tentunya dengan dialog yang dibuat oleh Benni Setiawan selaku penulis naskah dan sutradara (dan jangan lupa penulis novelnya ya), secara keseluruhan dialog dalam film sangatlah membantu dan 'renyah', pesan kebaikan, dialog keseharian, joke receh, bahkan hal-hal yang terbilang 'penting gak penting' berhasil menyatukan alur cerita film ini menjadi semakin seru untuk dinikmati .

Kemudian mari membicarakan tokoh utama lainnya yaitu Richard Kyle yang berperan sebagai Dion, berbeda dari biasanya, dalam film ini ia lebih banyak berbicara dan progres nya cukup terlihat sangat baik, sayangnya ketika ia tak mendapatkan 'jatah' berdialog saat satu scene dengan tokoh lain nya, ekspresi mukanya tak bisa dibohongi, terlihat sangat mikir, tapi itu bukan salah nya, mungkin salah petugas kamera nya, hehe. Tapi untuk semua cast dalam film ini sangatlah menghibur. Yang menarik perhatian saya untuk film ini juga dilihat dari segi wardrobe, furniture hingga tata letak yang simestris dan enak dipandang mata, cukup menjadi inspirasi ibu-ibu yang ingin membuat tampilan rumah menjadi minimalis. Dan jika kalian menyaksikan film ini jangan lupa juga untuk perhatikan fashion para cash, tepatnya Tikam Dan Richard yang fashionable abisss tampilannya, benar-benar menginspirasi deh.

Saya juga suka musik dalam film ini, tapi saya sedikit bingung dengan soundtrack yang diputar diawal, saya pikir Tikam akan menampilkan adegan bernyanyi dalam film, ternyata saya salah. "Alhamdulillah menghibur", adalah jawaban yang saya ucapkan jika ada yang bertanya tentang film ini, dan jika bertanya tentang kekuranga...eemmmm... apa ya, oh iya, film ini sangtalah 'kasar' dalam perpidahan scene, ada beberapa perpindahan adegan yang 'terkesan dipaksakan' entah untuk apa, saya kadang merasa "kok, ini tadi mereka lagi bahas apa sih?", tapi beberapa adegan ya, ingat, beberapa!. Dan saya berharap..... sebenarnya berharap... Fitri Tropica lebih lama lagi tampilnya, adegan dia adalah yang paling membuat saya tertawa, saya kangen komedi-komedi kayak gitu... Penasaran? buruan nonton InsyaAllah, Sah! ada Reza juga loh... seru!




Judul Film
InsyaAllah, Sah!

Sutradara
Benni Setiawan

Produksi
MD Pictures

Tayang
25 Juni 2017

Genre Film
Drama - Komedi

Pemain
Titi Kamal
Panji Pragiwaksono
Richard Kyle
Prilly Laticonsina
Reza Rahadian
Donita
Ira Maya Sopha
Tanta Ginting
Deddy Mizwar
Happy Salma
Fitri Tropica
Lydia Kandou
Arie Untung
Alexa Key
Bayu Skak
Share on Google Plus

About Riyardi Arisman

Anggap saja saya adalah seorang penikmat acara yang menuliskan sebuah REPORTASE, seorang penikmat film yang suka menulis REVIEW FILM, hingga seorang yang suka jalan-jalan dan menuliskan kisah TRAVELING yang saya alami. Yang pasti, kalian bisa memanggil saya Aris, melihat saya menikmati hidup di dunia nyata melalui dunia maya di @riyardiarisman ! so, let's be friends.

4 comments:

  1. next movie nih stlh film robot itu. penasaran sama Raka...

    BalasHapus
  2. Sukaaa fitri tropica, sayang cuma 1 scene munculnya, ihiksss..

    BalasHapus
  3. Jd penasaran ama scene-nya Fitri Tropica kek gmn :D

    BalasHapus
  4. Halo,
    Saya James Loan Funds pemilik legal dari pinjaman yang cepat dan bertanggung jawab itu
    Mengeluarkan pinjaman jangka pendek dan panjang untuk semua individu pribadi
    Dan pria / wanita bisnis siapa pun yang berminat harus menghubungi lebih
    Rincian: jamesloanfirm72@gmail.com

    Maafkan saya karena mengganggu waktu Anda yang berharga.

    Ini adalah Lembaga Penjamin Keuangan; Kami mengkhususkan diri dalam pendanaan
    Dan menawarkan tingkat Pinjaman @ 3% kepada individu dan perusahaan yang berkepentingan
    Yang mencari bantuan keuangan dan pertumbuhan bisnis atau bisnis
    Dana ekspansi Kami menawarkan Pinjaman dengan jaminan yang dapat diandalkan untuk semua
    Pelamar yang memenuhi syarat: jamesloanfirm72@gmail.com

    BalasHapus