Dilema Pria Saat Memilih Baju Koko, Ini Tipsnya!

12:29:00 PM

“Kalau puasanya full, ibu kasih hadiah”, masih saya ingat saat Ibuku berkata demikian. Antara kangen dan bodoh, mungkin dua hal itu yang bisa saya ucapkan ketika mengingat masa kecil dulu, kenangan saya bersama Ibu yang memberikan janjinya agar saya bersemangat puasa, dan kebodohan saya yang percaya, padahal jika saya ‘bolong’ puasanya pun pasti dibelikan karena baju baru adalah hal yang pasti diperjuangkan oleh orang tua untuk anaknya. Apalagi baju koko, rasanya kurang afdol kalau lebaran tak memakai baju koko ‘baru’ saat shalat idul fitri, benerkan?

  Sungguh tak terasa! Sekarang saja sudah memasuki hari ke 19 berpuasa, dan kurang dari 2 minggu lagi kita umat muslim sudah siap menyambut hari kemenangan, yeah. Sudah kah kita menyiapkan semuanya? Tiap orang pasti berbeda prioritasnya, contohnya salah satu teman saya yang sekarang sudah mulai sibuk menjual kue-kue khas lebaran buatan ibu nya, ada lagi yang sibuk mencari tiket mudik, bahkan yang teraneh ada yang mencari ‘pasangan hidup’ agar pas ditanya “kapan kawin?” ada jawabannya, sungguh ketakutan yang hakiki.
Sejujurnya, saya justru tak memikirkan ketiga hal tadi. Yang saya pikirkan justru tempat-tempat yang akan saya singgahi saat Jakarta sepi nanti, hanya setahun sekali loh, apalagi saya orang asli Depok yang tak perlu mudik, hehe. Tapi untuk menyambut lebaran, rasanya memang kurang afdol jika tak memiliki sesuatu yang baru, persis seperti masa kecil yang saya lalui dulu, meskipun sudah dewasa saya tetap membutuhkan reward tersendiri untuk puasa yang saya lakukan selama 30 hari ini, salah satunya dengan berbelanja.
Untuk pria pasti bingung deh mau belanja apa, kalau baju atau celana baru biasanya saya beli jika memang ada yang saya suka saat main ke mall atau menjelajah online shop di dunia maya, tapi untuk baju koko atau baju muslim pasti saya beli setahun sekali, dan saat lebaran lah waktu yang pas untuk membelinya. Yang jadi permasalahan adalah trend saat ini, model baju koko 2017 yang hits  itu yang seperti apa, saya sebagai kaum millenial gak mau dong ketinggalan zaman atau salah membeli meskipun modelnya sebenarnya sama saja, kalau gak tangan panjang ya tangan pendek, cuma dua pilihannya.
Saya pribadi lebih suka yang lengan pendek, bagi saya lebih nyaman, tapi lengan panjang juga saya sering gunakan karena dari kecil yang saya tahu memang untuk baju muslim pria pasti menutupi seluruh bagian tubuh kecuali telapak tangan dan leher. Yang kembali menjadi dilema saya saat memilih baju koko adalah motif nya, ada saja yang baru setiap tahun meskipun modelnya hampir sama semua, bahkan baju koko yang saat ini beredar di pasaran sepertinya memiliki pelebaran fungsi yang sebelumnya hanya digunakan di acara keagamaan atau shalat saja sekarang jadi bisa digunakan di acara-acara lainnya, motif nya pun sudah tak monoton, sekarang lebih beragam dengan sentuhan batik hingga warna-warna yang semakin banyak dimunculkan selain hitam dan putih.
Sumber foto : MatahariMall.com

Nah, karena dilema tadi nih saya jadi belajar dari tahun ke tahun untuk memilih baju koko yang sesuai dengan kebutuhan saya, apalagi ‘biasanya’ bagi kaum pria ‘cukup’ malas untuk membeli baju koko kalau tidak lebaran meskipun baju koko yang sekarang bisa digunakan di luar acara keagamaan, penasaran apa saja tips dari saya?
  1. Pilih model yang kalian sukai dan nyaman digunakan, serta jangan lupa perhatikan bahannya, pilih yang tak membuat gerah agar saat shalat idul fitri yang biasanya di ruang terbuka tetap nyaman.
  2. Saya lebih menganjurkan beli melalui online, di marketplace seperti Mataharimall.com misalnya. Karena sepengalaman saya lebih update dan tak membuang waktu, apalagi banyak diskon kalau beli secara  online, Namun juga bisa cari di pusat perbelanjaan lainnya jika kalian adalah tipe pejuang, kalau saya kadang lelah, apalagi kalau harus tawar-menawar dan menjelang lebaran pasti ramai dimana-mana, nyerah duluan deh, hehe.
  3. Cari referensi terlebih dahulu perihal model terbaru dan harga terupdate, jangan malas untuk menjelejah dunia maya, karena kalau asal beli bisa jadi kalian akan menyesal jika tahu di online harganya lebih murah atau motif yang kalian beli sudah jadul.
  4. Jangan pilih warna yang terlalu mencolok karena akan sulit jika ingin dipakai untuk acara lainnya, berbeda jika kalian hanya menggunakan baju koko pas lebaran saja, boleh deh pakai warna ‘ngejreng’ biar beda.
  5. Ingat orang tua kalian, jangan lupa belikan jika mereka masih hidup karena kalian pasti pernah merasakan bagaimana bahagianya dibelikan baju baru oleh orang tua kalian dulu.

Itulah sedikit tips dari saya untuk kalian yang siap menyambut lebaran tahun ini dengan baju koko baru, dan jangan lupa juga buat terus berpuasa agar baju koko yang kita beli ‘rasanya semakin nikmat’ saat digunakan.

You Might Also Like

1 comments

  1. Gak usah ribet pilih koko yang mana, kamu pake yang mana aja tetep keren. Aakkk.

    ReplyDelete