Coba Lakukan Hal Ini Jika Ingin Serius 'NgeBlog'

1:07:00 AM

Tak terasa, dua bulan lagi riyardiarisman.com siap jajan tahunan. Bagi saya, ini merupakan perjalanan yang cukup panjang hingga pada akhirnya saya senang menjawab "NGEBLOG" jika ditanya kesibukan saya saat ini. Tak semudah yang orang bilang "ngeblog ya tinggal nulis", proses yang cukup panjang apalagi jika berhadapan dengan hal yang saya panggil malas, sulit banget melawannya. Tapi tak saya tutupi juga kalau banyak 'motivasi' yang membuat saya rajin menulis, ada kepuasan tersendiri jika tulisan tersebut nampang di page one google, atau bahkan dikomen oleh 'seseorang' apalagi jika tulisan tersebut menghasilkan uang, hehe. Menjadi penulis blog atau yang kita sebut blogger saat ini sudah mulai menjadi hal serius untuk beberapa orang, mungkin salah satunya saya, dan bukan hanya sebuah kata 'serius' juga harus dilakukan dengan beberapa tindakan, selama satu tahun saya mencoba beberapa tindakan yang membuat saya semakin percaya diri untuk konsisten ngeblog, salah satunya merubah domain gratisan menjadi top level domain (TLD) / domain berbayar. Penasaran apa lagi? 



   Saya merasa berada di sebuah adegan film, mungkin ini seperti adegan dimana sang aktor ingin mengemukakan segala dosa nya, dominasi warna biru pada ruangan ini memang membuat saya cukup rileks dan membuat lancar mengucapkan tiap kalimat yang diolah otak, halu! , hanya sekedar halusinasi saja sore itu, bersama para blogger dan beberapa komunitas lain nya saya berada di salah satu ruang gedung Cyber 1, tepatnya di kantor Qwords.com. Keberadaan saya saat itu sangat berhubungan dengan prolog tadi, Qwords adalah salah satu penyedia jasa domain dan hosting yang cukup dikenal dan terpercaya merubah domain gratisan menjadi berbayar, dan saya pun baru tahu kalau produk nya tak hanya domain saja, masih banyak lagi. 

1. Merubah Domain
Sebenarnya saat memutuskan merubah domain saya sempat ragu, atau mungkin bingung dan bertanya "untuk apa", tapi tetap saya merubanya karena banyak orang inspiratif yang saya kenal saat itu sudah menggunakan .com atau pun .Id. Saya pikir tak akan ada ruginya, jika kalian buka sekarang melalui Qwords.com harga yang ditawarkan tak sampai 100ribu untuk mengganti domain tersebut, pilihan domain nya pun cukup banyak dengan harga yang beragam dan harga tersebut untuk satu tahun loh, jadi coba saja bagi 12, pasti terasa sangat murah banget.



Ternyata, Qwords juga memiliki banyak produk unggulan lainnya seperti yang disebutkan Mas Arie Putra selaku Account Executive Qwords.com, ada Personal Hosting yang biasanya digunakan oleh para blogger, kemudian ada Bisnis Hosting yang sangat direkomendasikan untuk UKM dan pebisnis pemula yang sedang mengembangkan bisnisnya di dunia digital, dan yang terakhir yaitu Maxx Hosting yang biasanya digunakan untuk seseorang yang ingin memiliki website namun server tetap dimanage oleh Qwords. Namun ternyata, seiring dengan perkembangan teknologi, qwords pun memunculkan Maxx plus dan Maxx Ultima Plus dengan RAM, Virtual Memory dan berbagai kelebihan lainnya yang lebih besar dari pilihan sebelumnya, penasaran harganya? langsung deh cek di Qwords.com sekarang juga!

Satu hal lagi yang membuat saya tertarik dengan Qwords, yaitu ECCS, Email Cloud Collaboration Suite, salah satu produk yang dikeluarkan Qwors untuk membuat email kita nama nya domain kita sendiri, misalnya jadi arisman@riyardi.com, gitu, duhhh keren! Ada dua tipe yaitu basic dan privite, dengan harga yang cukup terjangkau. Selain costum email dengan nama domain sendiri, ECCS juga memberikan storage sebesar 25 GB, sync calender, dekstop apps, mobile accese, free SSL, hingga anti spam, dan kita juga tetap bisa membuka email (yang sudah masuk) meskipun dalam keadaan offline.

2. Miliki Kartu Nama
Benda ini juga awalnya tak begitu penting di mata saya saat pertama kali terjun ke dunia blogging, tapi kemudian hal itu terjadi, saat dimana saya melewatkan ajang 'pengenalan diri', mungkin beberapa orang akan mengingat saya jika pada saat itu saya naik podium sebagai pemenang live tweet/kontes apapun, tapi bagaimana jika tidak? Bagaimana jika saya hanyalah 'nobody', so! Kartu nama adalah hal simple yang bisa membuat kita berkenalan dengan seseorang jika tak bisa menampilkan kelebihan kita di sebuah acara, kartu nama ibarat sebuah kunci untuk membuka pintu kita bertemu dengan orang-orang baru yang kemungkinan besar akan memberikan tawaran 'job' untuk kita. Dan kartu nama juga bisa memberikan kalian sebuah kejutan, menang doorprize contoh nya, tapi yang paling berkesan dari kartu untuk saya adalah ketika saya 'tertangkap' imigrasi saat pertama kali masuk ke Singapura, betapa beruntungnya saya saat itu. Jika kalian kepo nanti akan saya ceritakan di blog saya ini, hehe..

3. Perbanyak Koneksi
Ini mungkin salah satu dari keuntungan memiliki kartu nama, membuat koneksi kita semakin banyak. Ketika mengawali masuk ke dunia blogging, jangan ragu untuk join dibeberapa grup Facebook yang ada kata 'blogger' nya, saya ingat betapa ambisius nya saya saat ngeadd semua grup itu. Pikir saya saat itu adalah saya harus kenal dunia blogging ini, tentunya dengan kenal orang-orang atau pun grup yang telah masuk sebelum saya. Bahkan beberapa grup ternyata juga sering membuka list job yang bisa menambah penghasilan kita meskipun ada syaratnya, tapi tak salah jika ingin mencobanya asalkan tahu diri. Serta jangan malu juga untuk share tulisan, atau lebih tepatnya harus share tulisan yang kita buat karena ini juga merupakan ajang 'pengenalan' sejauh mana kita bisa nulis di blog, dan layak di panggil blogger.

4. Terus Belajar dan Berkembang
Join grup Facebook dan terkoneksi atau kenal dengan beberapa orang juga bisa menjadi cara kita belajar, memperkaya ilmu dari cara orang menulis, workshop, bahkan tulisan-tulisan orang tentang membuat konten dan aturan ngeblog lainnya yang wajib kita baca dan pelajari, serta jangan lupa untuk meninggalkan jejak alias komen. Satu hal lagi, cobalah sesekali mengikuti lomba blog untuk merasakan bagaimana senang nya ketika menang dan sedih ketika kalah, karena tanpa sadar latihan mental juga diperlukan ketika memasuki dunia blogging dengan serius. "Harus tahan mental kakak..."

Jangan pernah berhenti mengembangkan kemampuan ngeblog kita, perlengkap tulisan yang kita buat dengan foto atau pun video yang bagus, belajar lah untuk totalitas dalam mengedit foto/video agar menjadi nilai lebih untuk kita sebagai blogger. Saya pun sekarang berusaha mengembangkan diri ke YouTube meskipun masih biasa banget, bisa kalian search 'Riyardi Arisman', jangan lupa subscribe ya, hehehe.




5. Jangan Lupa Bahagia
"Blog sudah seperti etalase", sering saya mendengar komentar seperti ini ketika sudah cukup serius memperdayakan blog menjadi uang. Untuk itu, jangan lupa juga buat tulisan tentang pengalaman pribadi, curhat galau, atau puisi mungkin, apapun yang jauh dari promosi sebuah brand. Lakukan hal yang membuat kita bahagia melalui blog, karena beberapa orang yang terlibat dunia bloging adalah mereka yang tak ingin terikat, CMIIW, meskipun sebenarnya ada aturannya ketika mulai serius ngeblog, jangan telat deadline, jangan telat datang acara, jangan copas, Dan jangan yang lainnya.

Saya mencoba fokus pada kelima hal diatas, mungkin sebenarnya banyak yang harus saya pikirkan dan perbuat namun bertahap, dan saya tak ingin berhenti dalam waktu dekat. Mengenal dan dekat dengan beberapa orang lewat dunia blogging begitu menyenangkan, kadang saya bingung bagaimana saya melakukan hal ini begitu cepat, ah sudah lah, saya tak ingin seperti puisi Anjani yang berujung cuthat, so, sampai jumpa di tulisan berikutnya... 

You Might Also Like

0 comments