15 Tahun Sukses menjadi MLM Berbasis Syariah, Apa Rahasia K-Link Indonesia?

11:19:00 PM

Masih ingat sosok IT bernama Ter yang diperankan oleh Ter Chantavit dalam film Thailand berjudul One Day? Ingat saat Ter merasa sangat senang ketika teman sekolah nya dulu menghubunginya dan mengajak ketemuan yang ternyata dirinya diminta untuk membeli sebuah produk? Sumpah, saya ngakak saat menyaksikan adegan tersebut! Rasanya memang hampir semua orang pasti pernah merasakan diajak ketemuan oleh teman lamanya yang ternyata diajak join MLM, begitu pun saya, dan annoying banget, apalagi banyak MLM saat ini yang ternyata 'bodong' atau hanya sekedar tipuan, tentunya jika tertarik kita harus berhati-hati banget. Tapi belakangan ini justru marak saya dengar tentang MLM Syariah, apakah sama dengan MLM biasanya? Atau berbeda? Apa kira-kira perbedaanya? Dan beruntung banget saya bisa hadir pada sebuah acara yang dibuat oleh K-LINK selaku perusahaan yang sudah 15 tahun berbisnis MLM Syariah. Penasaran bagaimana cerita lengkapnya?


   Suasana hati dan pikiran saya langsung berubah drastis ketika memasuki K-Link Tower siang itu, cuaca di luar cukup panas apalagi dalam kondisi saya yang sedang berpuasa, rasanya ruangan ber-AC saja sudah cukup menjadi nikmat yang luar biasa untuk perjuangan saya menuju RAMADHAN FESTIVAL 1438 H, sebuah acara yang dibuat oleh salah satu perusahaan penjualan langsung terkemuka di Indonesia, yaitu K-Link. Sesuai dengan kata 'festival' yang mengikuti nama acara tersebut, tentunya banyak kegiatan yang berlangsung selama acara seperti Bazzar yang memberikan penawaran menarik dari produk-produk K-Link, Tutorial Hijab, hingga Demo Masak oleh chef Riana yang cukup menarik masyarakat sekitar hingga karyawan gedung untuk meramaikan memadati Ballroom K-Link Tower Lantai 5, Jakarta.

Seperti yang saya bilang tadi, beberapa dari kalian pasti memiliki pikiran negatif tentang MLM, kalian tahu kan apa itu MLM? Ialah singkatan dari Multi Level Marketing, sebuah strategi pemasaran dimana sales/tenaga penjual tak hanya mendapatkan kompensasi dari dirinya sendiri tapi juga dari sales lain yang berhasil di rekrut. Ada beberapa faktor yang membuat MLM dicap 'buruk', salah satunya adalah kantor yang tak jelas dimana keberadaannya. Tapi hal tersebut tak berlaku untuk K-LINK, saya berkesempatan untuk menjadi saksi hidup melihat betapa 'megah' nya kantor bisnis MLM dari K-Link, bahkan terbilang bukan MLM biasa melainkan MLM Syariah yang memiliki banyak fasilitas yang membuktikan bahwa K-Link tak main-main saat memutuskan untuk memulai bisnis di tanah air.



K-LINK masuk pertama kali di Indonesia pada tahun 2002 di wilayah Mangga Dua dengan ruko 2 lantai sebagai kantornya pertamanhya, 5 tahun kemudian bangunan itu pun akhirnya tak cukup sehingga membuat K-LINK harus pindah ke daerah Slamet Rahadjo, dengan gedung 4 lantai yang hingga saat ini disebut Graha K-Link. Perkembangannya yang terbilang sangat pesat membuat K-LINK memantapkan dirinya untuk membuat gedung nya sendiri, beralamat di Jalan Gator Subroto Kav 59A, Jakarta, gedung dengan total 29 lantai itu akhirnya menjadi markas besar dari K-Link Indonesia, yang bahkan lebih besar dari tempat asalnya yaitu Malaysia, ialah K-Link Tower tempat saya 'ngadem' siang itu.


"Ini yang membedakan K-Link dengan MLM lainnya" kata Pak Oscar sambil mengajak kami masuk ke K-Mart, sebuah supermarket yang dibuat khusus untuk para member K-Link berbelanja, "member dapat langsung memilih dan mengambil barangnya sendiri" lanjut beliau. Hingga saat ini K-Link memiliki 180 item produk yang bisa kita jumpai di K-Mart mulai dari produk kesehatan, kecantikan, makanan dan minuman hingga produk 'musiman' seperti ketupat mini yang bisa langsung direbus dan tahan selama 3 hari, praktis. Keseriusan K-Link memberikan kemudahan terhadap para member nya juga terlihat dengan adanya ruang konsultasi untuk para member bertanya seputar kesehatan dan saran-saran produk yang baik untuk digunakan atau tidak, dan tentunya dijawab langsung oleh ahlinya loh.





K-Link juga tak ingin ketinggalan zaman, seakan tahu sifat masyarakat Indonesia yang 'ingin serba mudah' K-Link pun memiliki costumer service yang bisa dihubungi oleh member via telpon atau jika kurang puas juga bisa langsung bertatap muka di jam kerja tentunya, lokasinya pun tak ribet karena masih dalam satu gedung, pokoknya gedung K-Link dibilangan Gatot Subroto itu 'surga'nya member K-Link deh, semua solusi ada disana. 




Office Tour, mungkin bisa saya sebutkan acara kemarin demikian, sambil mengelilingi markas besarnya Pak Oscar juga sedikit membocorkan kepada para blogger rencana kedepan yang akan K-Link realisasikan yaitu membuat sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus di kawasan Sentul, yang akan coba dilakukan bulan Juli mendatang. So proud!. Bahkan kalian tahu tidak, ternyata K-Link juga telah memiliki sebuah yayasan sosial loh di Yogyakarta yang sudah beroperasi selama hampir 6 tahun, pasti kalian tidak tahu deh, karena pembahasan tentang MLM, pasti yang negatifnya saja, padahal MLM juga pasti memiliki banyak sisi baik yang tersembunyi, contoh nyata nya seperti K-Link!

Seperti yang saya bilang tadi, K-Link itu ngerti banget deh solusi buat kita-kita! contohnya saja di bulan suci ini, K-Link menyelenggarakan Ramadhan Festival, buat apa sih? tentunya ingin memberikan solusi tentang 'kegalauan ibu-ibu yang bingung mau masak apa untuk berbuka' melalui demo masak, kemudian 'tips & trick memakai hijap yang hitz' dengan adanya tutorial hijab dan bazzar pakaian, serta 'mengajak hidup sehat' dengan bazzar produk kesehatan yang K-Link miliki, juga mengajak kita untuk 'irit' karena banyak penawaran menarik saat itu, hehe. Dan yang lebih parahnya lagi, K-Link akan ngasih tahu kita bagaimana cara menjadi perusahaan MLM berbasis syariah yang sukses hingga saat ini, sudah 15 tahun loh K-Link menetap di tanah air. keren!


Live music

Chef Riana




APA BEDANYA MLM 'BIASA' DENGAN MLM 'SYARIAH'?


   Nah! kalian pasti bertanya deh, lantas apa sih bedanya MLM yang 'biasa' dengan MLM berbasis 'syariah' seperti K-Link ini?. Jika membicarakan sistem berbisnisnya, tentu MLM Syariah sesuai dengan syariah/syariat islam, syariah sendiri artinya ajaran agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasul untuk semua umat manusia yang ingin memperoleh kebahagiaan dunia-akhirat, dan dalam ajaran agama islam ditemukan dalam Al-Qur'an dan hadist. Tiap MLM Syariah pasti memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang diutus langsung oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan hal ini tak dimiliki oleh MLM biasa, catat!

Kalau kalian meragukan K-Link sebagai MLM berbasis syariah, coba deh kalian main-main ke markas besarnya di lantai 8, disana tempat DPS untuk memantau bisnis MLM K-Link selama ini, dan perlu kalian ketahui bahwa setiap MLM Syariah pasti memiliki yang namanya sertifikat khusus, ada prosedure loh yang harus dilalui untuk mendapatkan sertifikat tersebut dan tak mudah, tiap MLM yang 'mengaku' berbasis syariah tersebut jika ingin mendapatkan sertifikat harus memenuhi 12 persyaratan wajib yang tertera pada Fatwa khusus MUI No. 75 Tahun 2009, dan K-Link telah lulus melewati fase tersebut sebanyak tiga kali, waw!

HM Sofyan Jauhari Lc, MAg, ASPM saat memberikan paparannya tentang bisnis syariah

"Tak semua MLM berbasis syariah bisa mendapatkan sertifikat tersebut, paling hanya lima dan yang bertahan sebanyak tiga kali hanya K-Link" kata Pak HM Sofyan Jauhari Lc, MAg, ASPM selaku salah satu DPS dari MUI. Batas waktu sertifikat tersebut selama 5 tahu, jadi total sudah 15 tahun perusahaan yang saat ini sudah memiliki 2 juta member di tanah air ini mematenkan kata 'Syariah' dalam perjalanan bisnisnya. Bahkan tak hanya itu saja, Pak Sofyan juga memberikan 5 alasan penting mengapa K-Link adalah solusi yang tepat jika kalian mencari MLM Syariah yang profesional dan benar-benar menjadi solusi pengubah hidup yang sesuai dengan jalan Allah SWT, diantaranya:

  1. K-Link Indonesia telah memiliki sertifikat dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang berlaku selama 5 tahun, dan tahun ini adalah tahun ketiganya.
  2. K-Link memiliki struktur bisnis yang sangat rapih dan jelas, telah memiliki DPS yang langsung ditunjuk oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, jadi bukan pilihan dari perusahaan. Tak hanya satu saja, bahkan K-Link memiliki 2 orang DPS lagi yang menetap di lantai 8, diantaranya Prof DR Jaih Mubarak SH, MH dan Ling Solihin Norgiena SE, MA.
  3. K-Link merupakan MLM yang anti terhadap money games, sangat bertentangan dengan apa yang K-Link bangun hingga saat ini.
  4. K-Link menjual produk yang 100 % halal serta memiliki manfaat yang jelas dan bukan sekedar kamuflase, barangnya ada dan bisa kita lihat, pegang dan raba di K-Mart.
  5. K-Link tidak pernah melakukan eksploitasi seperti yang 'dipikirkan' bahkan 'dilakukan' oleh MLM seperti biasanya. Fase dalam perjalanan bisnis MLM Syariah di K-Link adalah sesuai dengan tahapan yang benar, semua memiliki bagiannya masing-masing dimana yang 'baru' menjadi member berfokus pada penjualan, sedangkan yang 'lama' membimbing. 
Semua hal diatas jelas tak ada yang bertentangan dengan syariat islam, sehingga wajar jika 15 tahun dan berjalan hingga saat ini K-Link masih memiliki label 'syariah' tersebut. masih ragu?

Hal tersebut semakin diperjelas oleh President Direktur K-Link Indonesia, Dato' DR. H. Md. Radzi Bin Saleh, "dalam menjalankan bisnis, jangan ada keraguan" ujarnya, karena menurut beliau musuh utama dari kesuksesan adalah rasa ragu dari dalam diri manusia itu sendiri. Menjadi sahabat, itulah yang ingin dicapai Dato' Radzi saat pertama kali memantapkan visinya membangun K-Link di Indonesia, ia yakin K-Link akan sukses dan tumbuh subur karena 'emosi' atau karakteristik orang Indonesia sangat cocok dengan K-Link, sangat bersemangat. Dan dalam seminar singkat yang dilaksanakan setelah office tour tadi, K-Link melalui salah satu RCA (tingkatan dalam member K-Link Indonesia) nya memberikan 5 rahasia mengapa K-Link sukses hingga saat ini, mau tau?

“Saya termasuk orang yang beruntung mengenal peluang ini” kata Pak Hendri Rikianto, "peluang ini memberikan saya kesempatan untuk berkembang" lanjutnya. Dalam perjalanan yang dilalui Pak Hendri yang saat ini sudah memiliki jabatan cukup tinggi di K-Link Indonesia dengan gaji yang cukup fantastis, sekitar 80 juta/bulan ternyata ada hal yang lebih dari materi ia lihat, yaitu keberkahan ketika memutuskan untuk bergabung bersama K-Link. Beliau percaya dengan 5P yang dimiliki K-Link semua orang bisa merubah nasibnya sendiri.

Pak Hendri Rikianto - Pak Tubagus - Dato' Radzi - Pak Sofyan

P yang pertama adalah PRODUK, K-Link yakin bahwa 180 produk yang dimiliki hingga saat ini adalah produk yang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia, tentunya juga halal pastinya. Sifat dari produknya adalah unik dan mudah di demo, jadi bisa langsung dipraktekan kepada para calon costumer, kalian tahukan bahwa orang-orang kita suka yang langsung terbukti dan teruji, bukan sekedar janji-janji dan barang yang belum terlihat wujudnya. Diantaranya adalah produk kesehatan yang cepat terasa khasiatnya, jelas kegunaannya hingga terjamin mutunya (Product Liability Assurance). Selain halal, produk-produk tersebut pun memiliki sertifikat dari Depkes, BPOM, FDA, dan EPA.

Selanjunya adalah PLAN, marketing plan yang diajarkan di K-Link adalah sistem yang tahan lama, sebuah pelajaran jangka panjang dengan penghasilan ganda yang memiliki rancangan plan A dan plan B. Dan tentunya ada bonus sharing global yang ditawarkan serta poin yang terakumulai, bahkan peluang bisnis yang bertaraf internasional jelas terlihat pada K-Link. Kemudian PLACE, seperti yang saya bilang tadi, bahwa bisnis K-link berpotensi mendunia, tentunya tak hanya lokal bahkan mencangkup Malaysia, Taiwan, Hongkong, hingga Saudi Arabia yang notabenenya sulit untuk dimasuki bisnis MLM, tapi K-Link justru terbukti hadir di Jeddah.

Dan salah satu yang terpenting adalah PEOPLE, salah satu keunggulan K-link adalah memiliki sekolah bisnis yang tak hanya mengajarkan bagaimana cara mendapatkan uang, namun lebih merubah karakteristik sumber daya manusianya yang bisa memberikan pengaruh positif kepada orang banyak. K-Link didukung oleh management yang berpengalaman hingga berpuluh tahun dalam bidang networking dengan visi dan misi yang jelas. Dan yang menganggumkan lagi adalah kebersamaan yang diciptakan K-Link adalah nilai mutlak dari bisnis ini.

Dan P yang terakhir menurut Pak Hendri adalah PRESDIR nya, yaitu Dato' DR. H. Md. Radzi Bin Saleh. Saat pertama kali melihatnya, sosok nya yang sederhana  sudah menyihir Pak Hendri, "beliau memimpin dengan hati" katanya, mungkin hal tersebut lah yang membuat bisnis ini menjadi besar lanjutnya. Saya rasa memang benar demikian, pasalnya segala sesuatu jika pemimpinnya 'benar' maka semuanya akan menjadi benar, jika sukses begitu pun orang-orang dibelakangnya, apalagi semua terlihat dari bagaimana sang Presdir berbicara, jelas, lantang, dan setiap katanya bernilai, itu yang saya rasakan saat hadir pada seminar sore itu.

Eits! Tapi jangan salah, dari tadi pasti kalian berpikir saya menulis yang bagus-bagus nya saja? iyakan? karena memang yang diajarkan dari K-Link adalah MASALAH JANGAN DIHINDARI, DIHADAPI! begitulah yang diajarkan. Modal yang pertama harus dimiliki ketika yakin memulai bisnis ini adalah 'cita-cita' meskipun tantangan awalnya pasti waktu dan materi, seperti yang dikatakan Pak Tubagus, salah satu rekan dari Pak Hendri, "tantangan awal saya adalah materi dan waktu, bahkan saya iri dengan orang-orang yang bisa memiliki hal-hal yang tak bisa saya miliki, kenapa?" kata beliau. Namun lebih mengenal K-Link, ia yakin hidupnya akan berubah, solusi hidup yang ia cita-citakan mulai terlihat, dan dengan ketekukan tanpa keragunan akhirnya ia sampai pada tahap yang diimpikan banyak orang saat ini. Sehat, sukses, cantik, adalah yang diinginkan masyarakat saat ini, tapi K-Link adalah yang diperlukan untuk mencapai keinginan tersebut. Berani buktikan?

Info lebih lanjut bisa kalian cek di...

Web

Twitter 

Instagram

Facebook

Youtube


You Might Also Like

3 comments

  1. Wuihhh.... Lengkapp bgt ulasannya. Jadi paham deh perbedaan antara MLM syariah dan non syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, harus paham mba, biar gada salah paham lagi yak, hehehe. Harus banyak yang tahu soal ini nih..

      Delete
  2. Baru tahu K Link itu MLM ...

    lagian baru tau juga ada MLM syariah :D

    ReplyDelete