TATALOGAM LESTARI, Solusi Cerdas Pembangunan Indonesia

10:22:00 AM

Nampak berbeda, beberapa waktu lalu perjalanan saya menuju rumah seperti salah jalan, ternyata memang jalan yang biasa saya lalui ditutup sementara waktu karena adanya perbaikan jalan, dan kaki pun otomatis berjalan mencari alternatif lain, hehehe. Namun hal tersebut ternyata memberikan satu pemandangan yang baru saya sadari, “emang bangun rumah sekarang gak perlu pakai kayu ya?” ujar saya kepada orang yang tak ada dihadapan saya, nampak jelas saat itu material kayu seakan hilang, dan berganti dengan baja, metal atau apalah sejenisnya yang berwarna silver, begitu silau ketika terkena sinar matahari, atapnya pun bukan genteng seperti dirumah saya, seperti seng namun berwarna-warni dan kasar, saya semakin kepo. Saya tak tahu kapan pastinya ‘trend’ ini dimulai, yang pasti saya tahu saat itu adalah benda berwarna silver tadi bisa menjadi solusi pembangunan yang cerdas tanpa harus menebang hutan untuk menghasilkan kayu.


   “Solusi Rumah Berbasis Metal Untuk Indonesia”, begitulah visi dari PT Tatalogam Lestari yang bersedia rumahnya kami singgahi beberapa waktu lalu, bersama blogger lainnya saya berkesempatan mengunjungi 4 buah pabrik yang dimiliki oleh perusahaan yang pernah meraih pernghargaan sebagai Produsen Baja Ringan Terbesar di Indonesia dari ReBi (Rekor Bisnis) yang berlokasi di Kawasan Industri Cibitung dan Lippo Cikarang. Ini adalah pengalaman pertama saya mengunjungi sebuah pabrik, visit pabrik beberapa orang menyebutnya, dan semoga ini bukan yang terakhir kali, hehe. Suasana yang sama seperti yang saya lihat di film-film, masker harus kami gunakan persis seperti yang pegawai pabrik gunakan, tak perlu saya sebutkan alasannya karena kalian pasti sudah tahu, kesehatan numeru uno.

APA AJA SIH YANG DIHASILKAN PT TATALOGAM LESTARI ?

Pabrik pertama yang kami kunjungi adalah Pabrik Genteng Stone yang berada di Kawasan Industri Cibitung – Bekasi, dari namanya pasti kalian sudah tahu apa yang dihasilkan pabrik ini, yap, genteng a.k.a atap rumah, namun berbeda tentunya, PT Tatalogam Lestari memproduksi atap rumah yang terbuat dari metal/logam yang dinamakan Genteng Metal MULTI ROOF. "Ini adalah produk pertama kami" ujar salah seorang karyawan pabrik kepada saya siang itu, semua terlihat sibuk dan tertata dengan rapih mulai dari tahapan satu menuju tahapan lainnya. Perlu kalian ketahui, batu yang digunakan sebagai salah satu lapisan dari atap baja ringan produk ini adalah salah satu solusi yang saya anggap cerdas untuk pertumbuhan ekonomi tanah air, bayangkan saja, batu ini diambil dari bukit dan otomatis membuat lahan pekerjaan untuk warga sekitar, right. Baja yang menjadi bahan dasarnya adalah baja yang berlapis zink dan alumunium sehingga cocok untuk cuaca ekstrem dan jauh dari yang namanya 'karatan'. 

Batu tadi berjenis batu menir, yang kemudian diwarnai sehingga membuat tampilan lebih menarik dan indah tentunya bagi rumah, ada warna hitam, biru, merah dan hijau, seta 'mungkin' warna lainnya sesuai dengan pesanan. Pewarnaan batu dilakukan menggunakan mesin molen dengan kandungan resin, calsium dan pewarna, kemudian semua dimasukan kedalam mesin dan dicampur hingga warna batu merata. 



Untuk bahan pokok baja ringannya sendiri ternyata datang dalam bentuK gulungan loh (roll forming) dan harus dilakukan pemotongan hingga pencetakan tersendiri, penyusunannya sendiri dibuat sesuai standar yaitu perpalet 500 lbr dan kemudian dipindahkan ke area potong selanjutnya, 



Setelah dipotong dan dibentuk, barulah baja ringan tadi siap dilapisi/disemprot dengan lem, setelah itu ditaburi batu menir yang tadi sudah disapkan dan diwarnai sehingga batu tadi menempel dengan 'erat' seperti sepasang kekasih yang mencintai sehidup semati, aihhhh. Eh,  tapi tak hanya sampai disitu loh proses pembuatan genteng metal multi roof ini, karena setelah dipotong, dilem dan diwarnai, baja ringan tadi harus masuk kedalam mesin untuk diberikan lapisan terakhir agar batu tidak rontok dan atap semakin awet dan kemudian dioven/dipanaskan. Barulah genteng metal ini siap dipacking/dipasarkan, hingga akhirnya genteng tersebut terkenal dengan sebutan lain GENTENG METAL Zincalume dengan lapisan butiran batu alam.

Berikut proses singkatnya......

1. Setelah bahan baku dipotong menjadi lempengan baja ringan, barulah siap dimasukan kedalam mesin

2. Setelah itu diberikan/dilapisi lem

3. Kemudian ditaburi batu menir tadi

3. Setelah itu ditiriskan agar butiran batu menir tadi tak rontok

4. Setelah itu diberikan lapisan terakhir sebagai 'pengunci' agar semakin tak rontok dan awet

5. Kemudian dimasukan rak dan dioven/dipanaskan

6. Setelah itu, barulah dipacking dan siap didistribusikan.
Selain Genteng Multi Roof Stone (dengan lapisan batu alam), juga ada tipe Color (tanpa lapisan batu alam) dan Trendy (dengan motif glazur batuan glossy). Juga ada jenis SURYAROOF, SAKURA, MULTI SIRAP dan Fancyyang bisa kalian pilih dari produk terbaik PT Tatalogam Lestari, bisa kalian cek di www.tatalogam.com

Pabrik selanjutnya yang kami datangi berada di Kawasan Industri Lippo Cikarang, ketiganya saling berdekatan meskipun menghasilkan produksi yang berbeda-beda, seperti assesories atap, genteng color truss dan genteng gelombang. Sebanyak 4000 unit outlets yang dimiliki PT Tatalogam Lestari hingga saat ini, dan selama tahun 2016 produksinya telag mencapai 76.000 ton atau setara dengan 54 juta lembang genteng, waw. Oh iya, kalian tahu tidak sebutan untuk semua produk PT Tatalogam Lestari ini? sebutannya SIMANTAP, mau tahu alasannya?

  1. Menggunakan bahan baku yang terbaik dan terjamin
  2. Tahan terhadap beban dan benturan
  3. Tanahn karat dan tahan pecah
  4. Tahan dari serangan lumut dan jamur
  5. Tahan terhadap perubahan warna dalam berbagai kondisi cuaca
  6. Untuk varian stone, dapat mereduksi udara panas dan suara gangguan hujan karena menggunakan lapisan batu alami
  7. Praktis dan fleksibel
  8. Ringan dan Indah, banyak pilihan bentuk dan warna yang menarik
  9. Proses produksinya dengan mesin modern, sehingga menghasilkan produk yang memiliki tingkat akurasi tinggi
  10. Mudah didapatkan kapan saja dan dimana saja.
Bagaimana, semakin yakin memilih SIMANTAP?


DOMUS, PRODUK TERBARU DARI PT TATALOGAL LESTARI

   Seiring dengan perkembangan zaman, PT Tatalogam Lestari semakin mengibarkan sayapnya di bidang pembangunan tanah air, sebelumnya hanya fokus dalam 'mengatapi' saja, namun sekarang berubah menjadi 'penyedia solusi kerangka baja & perakitan rumah', yang saya rasa merupakan salah satu langkah tepat dan cerdas untuk solusi rumah rakyat saat ini, proses yang cepat dan hemat watu konstruksi membuat produk yang satu ini memiliki nilai tambah yang tinggi, ialah DOMUS, Rumah Permanen Instan dari PT Tatalogam Lestari.


"Pembangunan rumah hanya dalam waktu 5 hari? masa?" nampak pertanyaan ini spontan keluar dari mulut saya, namun setelah melihat hasilnya saya baru percaya bahwa 5 hari adalah hal yang sangat mencengangkan bagi saya, dan itu nyata. Domus si Rumah Permanen Instan adalah inovasi revolusioner membangun rumah yang praktis, menggunakan bahan material produksi yang memenuhi standar SNI sehingga dapat menghasilkan bangunan yang indah dengan kuat dan cepat.

Saya takjub ketika melihat para tukang hanya tingga memasukan bata kedalam kaso/rangka metal nya saja tanpa harus mengukur kelurusan dari tembok nantinya, sebuah cara yang baru dan hemat waktu, kokoh dan terpecaya rangka metal dari PT Tatalogam Lestari yang bernama PURLIN, tanpa pengecetan dan pelapisannya yang seragam membuat kaso ini tahan air dan adukan semen serta tanah karat. Selain itu juga ada produk yang bernama PRAKTIS, sebagai pengikat material dinding supya dinding stabil tanpa memerlukan perakitan besi beton, sehingga tak ada bahan yang terbuang, ukurannya cocok, tak perlu di cor dan yang pasti hemat biaya tukang, hemat pengeluaran juga dong pastinya, hehe. Di bawah ini adalah foto rumah Domus, cekidot!




Bgitu praktis ruang yang ada di dalamnya, ketka memasuki rumah Domus, saya langsung disapa oleh ruang tamu, kemudian kamar mandi dan kamar tidur, sangat cocok sih untuk yang masih sendiri, heheh. Nmaun Domus juga bisa dibuat 2 lantai, dengan waktu pembangunan selama 2 minggu saja.

Kecil dan cepat bukan sebarangan loh dalam perencenaannya, pasalnya PT Tatalogam Lestari memikirkan secara matang-matang bagaimana eksekusi di lapangan berjalan lancar dan sesuai target melalui beberapa tahapan seperti perencanaan matang, penetuan bahan, pengadaan material, setelah itu memasuki tahap perakitan dan pembagian kerja sesuai keahliannya dan semua dilakukan dengan management waktu yang terukur dan sistematis yang telah terangkum dalam satu paket siap pasang. Keren!





Dengan adanya buah karya pemikiran dari PT Tatalogam Lestari ini, Domus menjadi solusi cerdas untuk kalian yang ingin memiliki rumah dengan proses cepat dan harga yang terjangkau, dijamin tak akan ada bahan sisa yang terbuang, dan biaya kantong yang mubazir. Informasi lebih lanjut bisa kalian cek di WWW.TATALOGAM.COM atau hubungi di nomor (021) 568 8284 atau 568 8285 sekarang juga! Atau bisa kalian download aplikasinya di apps store "Simantapp" yang bisa mempermudah kalian dalam merencanakan pembangunan, "Bikin Rumah Pakai Jari" kekinian banget!

Selesai menjelajah, tak lupa untuk foto bersama, terima kasih PT Tatalogam Lestari untuk kesempatan yang berharga ini...





You Might Also Like

2 comments

  1. Wah lengkap dan beruntung yah bisa langsung lihat proses pembuatannya

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap dan beruntung yah bisa langsung lihat proses pembuatannya

    ReplyDelete