Film Ular Tangga, Horor Indonesia Yang Siap Tayang 9 Maret 2017

12:15:00 AM

Langkah yang tepat diambil rumah produksi Lingkar Film dalam pemilihan judul karya terbarunya, "Ular Tangga" yang telah dipastikan tayang 9 Maret 2017 mendatang. Apa yang kalian ingat ketika mendengar ular tangga ? Anak 90-an pasti sangat familiar dengan gabungan dua kata ini, ya, sebuah permainan yang sangat populer di era itu, dimana dadu dikocok dan permainan pun dimulai. Saya pribadi merasa sangat tertarik dengan film yang disutradarai oleh Arie Aziz ini, seakan membawa kenangan masa kecil saya dulu, ketahuan deh umur berapa,hehe. Namun jangan salah, ular tangga yang satu ini sepertinya tak akan membuat kita tertawa seperti fungsinya tempo dulu, film bergenre horor yang naskahnya ditulis oleh Mia Amalia ini justru akan mengajak kita berpetualang di tengah hutan saat matahari sedang berada di sisi lain Indonesia.


   "Based on true story events at Curug Barong", begitulah kalimat yang tertulis tepat dibawah judul film ini, Lingkar Film nampaknya tak ingin melepas formula lama film-film tanah air dimana 'kejadian nyata' masih memiliki daya tarik tersendiri untuk divisualisasikan. Oh iya, kalian tahu tidak kalau film ini memiliki kebahagian tersendiri untuk sang produser Wilson Tirta, pasalnya ia mendapatkan award atas prestasinya sebagai produser TERMUDA, baru 14 tahun loh umurnya, kerenkan !. Film ini juga dibintangi para pemain-pemain muda seperti Vicky Monica, Ahmad Affandy, Fauzan Nasrul, Alessia Castaro, Yoga Gracia dan Randa Septian, serta aktris yang pernah meraih penghargaan sebagai pemeran utama wanita terbaik pada ajang PiFan Film Festival 2009 di Bucheon, Korea Selatan, Shareefa Daanish.

Film dimulai dengan adegan mimpi Fina (Vicky Monica)  yang terus berulang dan membuatnya mempertanyakan hal tersebut kepada dosennya, Pak Kuntara (Roy Martin). Pada bagian awal, saya rasa kalian bisa menghabiskan popcorn ataupun membalas pesan singkat yang ada pada smartphone, mengapa? Karena inti dari bagian awal telah terang-terangan ditampilkan pada trailer film ini, pengenalan tokoh-tokoh pun berjalan dengan sendirinya meskipun Fina sudah dengan jelas memimpin jalannya cerita. TAPI, jangan lakukan hal apapun selain fokus saat film sudah memasuki babak pertengahan, bersama dengan kekasihnya Bagas (Ahmad Afandy) serta beberapa temannya Martha (Alessia Caestro), William (Fauzan Nasrul), Dodoy (Randa Septian) dan Lani (Yova Gracia), Fina pun siap memainkan ular tangga.

Satu lagi yang sangat mencuri perhatian saya, Shareefa Daanish yang memerankan tokoh Gina dalam film ini, sebagai guide para pendaki, Gina mulai menampakan sisi misteriusnya ketika mengantarkan Fina dan teman-temannya mendaki hanya sampai pos 1, Danish seakan membuat pemanasan untuk beberapa filmnya nanti seperti Danur, The Curse dan Rumah Dara 2 ! wohooo. Dan seperti biasa, 'keisengan' lah yang membuat alam gaib dan manusia terhubung ketika mendaki, benarkan ? hingga akhirnya satu persatu sahabat Fina hilang setelah mereka menemukan dan memainkan ular tangga yang terbuat dari kayu tersebut, bersamaan pula dengan kejadian-kejadian aneh yang menegangkan, serta 'gamparan' pada wajah saya oleh tangan saya sendiri tentunya saat para hantu didalam film muncul secara tiba-tiba, jujur, beberapa penampakan hantu dalam film ini MENGAGETKAN !

Selain judul, design poster karya Rezha PN untuk film ular tangga ini juga pantas saya acungkan jempol, sangat menarik perhatian dan bagus dari sisi penggambaran cerita, meskipun saya sempat berpikir film ini seperti film luar yang berjudul Jumanji, dan salah, kalian cukup saksikan dan pasti tak akan memikirkan persamaan tersebut lagi. Beberapa scene dalam film ini juga menampilkan tata kamera dan efek visual yang cukup bagus meskipun bagi saya penggunaan drone yang terlalu sering membuat sedikit pusing. Sedangkan untuk tata suara sangat menolong untuk film ini, sisi horor sempurna tercipta, masih ingat lagu khas film kuntilanak ? lagu itu hadir kembali dengan tempo yang lebih lamban, semakin seram menurut saya, namun untuk soundtrack film sayang sekali kadang merusak, mungkin penempatannya yang kurang tepat. Ini yang paling sangat saya suka dalam ini, part akhir dalam film ini adalah hal yang harus kalian tunggu-tunggu, yaiyalah, bukan ditunggu karena nanggung ya, bagi saya, ending film ini bagus sekali dan membayar beberapa adegan yang membosankan sebelumnya, Penasaran ? Jangan lupa 9 Maret 2017 ya.....



Judul Film
Ular Tangga

Sutradara
Arie Aziz

Penulis
Mia Amalia

Produksi
Lingkar Film

Tayang
9 Maret 2017

Genre Film
Horor

Pemain
Shareefa Daanish
Vicky Monica
Fandy Ahmad
Fauzan Nasrul
Alesia Cestero
Yoya Gracia
Randa Septian
Egy Fedli
Tuti Kembang Mentari
Yafi Tessa Zahara
Atiyah Shahab
Hadijah Shahab
Roy Martin
Guntur Triyoga

Info Film
Instagram @UlarTangga_TheMovie

You Might Also Like

10 comments

  1. Tambah penasaran. Harus nonton nih bsk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau film Indonesia harus nonton donk pastinya, hehehe

      Delete
  2. Baru tau kalo ular tangga itu horor. Yah, namanya juga film horor indonesia hahaha...tetap kita apresiasi saja deh dengan menontonnya. Semoga aja Indonesia bisa bikin film horor seperti film horor di negeri paman sam.

    www.geraldirizki.com

    ReplyDelete
  3. weh, boardgame yg jadi nyata. mengingatkan pada jumanji~

    ReplyDelete
  4. oke fix, aku mo main ular tangga aja sama adikku XD

    rela deh seat nonton di mall cinere buat orang lain wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Jadi Penasaran Nih, Wajib Nonton nih .....

    ReplyDelete