Airbus A320 NEO, Keluarga Baru Citilink Yang Siap Menjelajah

4:55:00 PM

Adegan film itu masih saya rasakan, sangat memoriable saat sang aktor berpisah dengan pacarnya di sebuah bandara, penempatannya yang di akhir membuat saya harus menyelami kehidupan sang aktor terlebih dahulu, tapi dibalik itu, ada satu hal yang sangat artistik terlihat, pesawat itu melintas tepat di balik jendela raksasa saat sang aktor rela meninggalkan pacarnya, perlahan jari jemari yang sebelumnya saling bercengkraman terlepas bersamaan dengan pesawat yang semakin lama semakin menjauh, suaranya semakin lama semakin mengecil, sungguh tata suara yang indah, sangat natural menghiasi film tersebut. Saya berpikir, apa jadinya jika benda raksasa bersayap itu tak melintas ?


   Hangar 4, Bandara Soekarno - Hatta menjadi saksi bisu kedatangan keluarga baru Citilink sore itu, Jum'at, 24 Februari 2017 tepatnya, ialah Airbus A320 NEO yang siap melintas di beberapa rute domestik jarak jauh seperti Jakarta - Jayapura dan beberapa kawasan timur lainnya. "Hari ini adalah hari yang spesial bagi Citilink" kata Pak Mega Satria selaku Direktur Citilink Indonesia membuka acara yang dibertajuk Welcoming Airbus A320 Neo. Saat ini, siapa sih yang gak mau sesuatu yang murah ? praktis ? dan nyaman ? Citilink tahu betul adanya pertanyaan - pertanyaan seperti itu, dan melalui pesawat terbarunya tersebut Citilink siap mengantarkan para traveler menjelajah kekayaan tanah air di daerah timur, dan rute penerbangan menuju Jeddah dan Cina dengan image 'murahan' tapi bukan murahan yang sudah melekat padanya.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik" lanjut Pak Mega, pesawat Airbus A320 Neo ini dianggap sebagai solusi tepat untuk bisnis penerbangan di Indonesia, peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan udara yang tiap tahun melambung tinggi membuat anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia ini yakin untuk mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320 Neo hingga tahun 2018 nantinya. Kapasitas Airbus A320 Neo yang dapat menampung 180 penumpang dipastikan akan mempermudah dan mempercepat proses perjalanan para pengguna setia Citilink, jadi gak buang-buang waktu buat transit dong pastinya !

Hangar 4, Bandara Soetta sebelum para undangan hadir, di tempat inilah kami menjadi saksi kedatangan pesawat Airbus A320 Neo
Sebagai maskapai berbiaya murah, Citilink tak main-main saat memilih keluarga barunya, Airbus A320 Neo yang langsung didatangkan dari pabrik Airbus di Toulouse, Perancis ini dipilih karena beberapa hal yang dianggap sangat tepat untuk para penikmat alam atau traveler saat ini, apa saja ? berikut alasan Citilink memilih Airbus A320 Neo :

  • Mesin yang modern, dengan penggunaan mesin-mesin terbaru yang berteknologi tinggi membuat A320 Neo menjadi pesawat seri Airbus terbaru yang dapat terbang lebih lama dan lebih jauh, bisa sampai 3 jam di udara. waw !
  • Lebih hemat, Airbus A320 Neo dipastikan akan menghemat bahan bakar hingga 15 %, tentunya akan berpengaruh pada penghematan biaya juga donk, sebesar 8 % infonya, pasti harga Citilink semakin murah nih, hehe
  • Daya angkut yang lebih besar, 180 penumpang, tentunya jika dikaitkan dengan hematnya bahan bakar maka Airbus A320 Neo ini sangat menguntungkan dong pastinya.
  • Tingkat kebisingan yang rendah, 75 % kebisingan akan dihilangkan oleh Airbus A320 Neo ini, tentunya kita tak akan pusing, dan kabin tetap nyaman saat mesin mulai beroperasi.
Bagaimana, kriteria yang sesuai harapkan kalian bukan ?


"Welcoming Airbus A320 Neo"


   Suara gendang mulai terdengar, gaduh berirama senada dengan hentakan kaki dan gerak tangan para penari menyambut datangnya jawara hari itu, air menyembur, perlahan pesawat yang didominasi warna putih bertuliskan citilink.co.id di kedua belah mesin memasuki Hangar 4, ialah yang ditunggu-tunggu, Airbus A320 Neo telah terparkir ditempat yang telah disediakan. waw ! i'm so excited to be here !

"Dan mari kita sambut Airbus A320 Neo" seakan berteriak, sang MC berkata demikian. Perlahan keluar sosok pria gagah bertubuh tinggi dengan topi yang masih menutupi kepala atasnya, ialah Kapten Arry Kalzaman, pilot yang membawa keluarga baru Citilink langsung dari Toulouse, Perancis, sontak semua kamera tertuju padanya bersamaan dengan hastag #SambutA320Neo yang telah merajai trending topic dunia maya sore itu.

Kapten Arry Kalzaman saat keluar dari pesawat dan disambut oleh jajaran direksi Citilink dan BoD GMF.


"Kuda Lumping, Makan beling"
"Selamat Datang, Di Citilink"

Pantun Pak Daryatmo selaku Komisaris Citilink membuka sambutannya kala itu, rasanya memang tak lengkap bagi Citilink jika tak berpantun, selama acara dimulai hingga akan berakhir, hampir selalu diwarnai dengan pantun, mulai dari yang masuk akal, hingga yang ajaib, hehe. "Tidak ada pilihan lain untuk Citilink, selain meningkatkan kualitas pelayanannya" beliau berkata, memang benar adanya, banyaknya pesaing dengan promo-promo menarik membuat Citilink dan perusahaan jasa penerbangan lainnya nampak harus terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya, demi pelanggan setianya agar tak beralih pandangan. Dengan armadanya yang secara otomatis menambah penerbangan dan destinasi, maka Citilink juga ikut dalam menambahkan antusiasme penerbangan di Indonesia, benarkan ?

Inilah saat yang saya tunggu-tunggu, saat mendapatkan undangan untuk menjadi saksi kedatangan Airbus A320 Neo ini, saya sangat antusias dengan kata "tour" yang ada di rundown acara. Eh, kalian tahu tidak apa sih kepanjangan dari Neo ? gak tau ya ? Neo itu New Engine Option ya, ingat, sudah taukan ? so, let's go ! 
Inilah penampakan Airbus A320 Neo dari depan

Body bertuliskan Citilink, serta Mesin baling Airbus A320 Neo yang masih baruuu..
Sebelum memasuki bagian dalam, tentunya saya harus melihat sekeliling dari pesawat tersebut, bodynya, aduhai tidak ?, wkwkw, standar sih, masih sama seperti pesawat-pesawat Citilink lainnya, namun agak lebih besar mengingat kapasitas yang lebih besar. Mesin berteknologi tinggi dan terbaru seri PW1100G yang dipakai A320 Neo merupakan inovasi yang dibuat oleh CFM dan Pratt & Whitney selaku pemasok mesin. Mesin tersebut dapat mengurangi emisi karbon yang diciptakan oleh sebuah pesawat, sangat cocok untuk Citilink yang memang terkenal sebagai salah satu maskapai yang sangat peduli terhadap lingkungan, go green. Pantas saja penghargaan Top IT Innovation Award on Transportasion dari Kemenkominfo berhasil diraihnya. Keren !

Airbus A320 Neo nampak dari samping

Airbus A320 Neo nampak dari belakang, liat ekornya kan ?
Senja pun berlalu, langit biru semakin memperindah warna identik pesawat Citilink, sedikit pula adanya warna hijau yang berpadu sangat apik dengan warna biru langit serta cahaya-cahaya lampu di atasnya. Berikut fotonya, indah bukan, i love it !

Ini loh yang tadi saya ceritakan...
So ! sudah puas melihat bodynya, mari kita masuk ke dalam, suasana sepi seperti ini kapan lagi saya rasakan, deretan kursi yang membentuk pattern yang menarik, sangat instagramble banget deh pokoknya, dan wajib untuk berfoto disini pastinya. Kursinya yang saya rasakan sangat empuk dan nyaman, memang baru namun pastinya bisa membuat kita santai dalam perjalanan nantinya, A320 Neo ini kan bisa menempuh penerbangan selama 3 jam, salah satu keuntungannya, masih ingatkan ? jadi para pengguna pasti butuh kenyamanan, biar gak bawel, hehe, serta keselamatan tentunya.

Selfie time !

Berikut kursinya, ayo siapa yang mau ikut terbang ?

Keadaan deretan kursi dan bagian dalam secara keseluruhan
Dan satu lagi keberuntungan, saya bisa masuk ke ruang kemudi pesawat tempat sang kapten pesawat bekerja, sesekali menghayal jadi pilot boleh dong, hehe. namun sayang, kepala saya tak cukup bagus rasanya untuk mengingat banyaknya tombol yang ada di hadapan saya, mumet, butuh waktu pembelajaranlah pastinya, namun untuk saat itu, cukup ! saya jadi penikmat kerja keras sang pilot saja, hehe. Kalian pasti mau banget ya masuk-masuk kesini ??

Kapan lagi bisa mencoba masuk ruang kerja pak pilot, hehe, ada yang mau diantar ?
Selesai sudah, penjelajahan saya dan Blogger lainnya berakhir tepat jam 7 malam, nanti gantian ya, A320 Neo yang akan menjelajah, dan semoga saya berkesempatan untuk menjadi 1 dari 180 penumpang yang beruntung merasakan keunggulan-keunggulan yang disajikan oleh keluarga baru Citilink ini, 27 kota tujuan siap bertambah, 234 frekuensi penerbangan harian juga pasti bertambah, sederet penghargaan juga pasti akan bertambah untuk Citilink, kedepannya saya berharap Citilink dapat mewujudkan banyak inovasi baru yang dapat mempermudah banyak orang Indonesia melihat indahnya tanah air hingga pelosok-pelosok, dan terus menjadi bagian dari kebanggaan Indonesia. Akhir tulisan saya ucapkan "Selamat datang Airbus A320 Neo ! ayo menjelajah bareng !"

Yap ! sampai jumpa di cerita mata berikutnya !!
Eh, masih penasaran ? atau punya pertanyaan tentang Citilink ? mau promo-promo penerbangan murah ? langsung deh cek di www.citilink.co.id, atau cek di halaman facebooknya di CITILINK dan Twitter di @citilink serta Instagram di @citilink . SEKARANG JUGA !

You Might Also Like

18 comments

  1. Pengen banget masuk ke kokpit, atau selfie sama pilotnya dengan posisi saya sebagai copilot. Aaakkk

    ReplyDelete
  2. ini salah satu armada pilihan favorit saya, murah dan pelayanan baik dengan schedule yang tepat waktu.

    kehadiran air bus ini memang cocok kali ya untuk ke timur yang memakan waktu tempuh lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, Citilink mmg selalu berupaya "memuaskan" pelanggan setianya kak...

      Delete
  3. Aaahhh kereennn bisa masuk ke kamar mas pilot

    ReplyDelete
    Replies
    1. tau gak, pilotnya aku suruh motoin dlu wkwkwkw

      Delete
  4. Waaaaaaw.... Baru ya?
    Buru2 cek harga tiketnya di priceza.co.id ah. Buru2 pesan dan nyobain sensasinya :)
    Thx infonya yak

    ReplyDelete
  5. wow, mau nyoba deh, tempat duduknya juga asyik ya

    ReplyDelete
  6. Aku pernah punya pengalaman terbang bersama Citilink, so far nyaman banget dan suka karena pesawatnya baru

    ReplyDelete
  7. hoooo.
    lo ikutan acara ini ya. hahaha.
    gue juga di pilih dan membatalkan karena harus pergi ke luar kota :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kau jahappppp padahal aku pengen ketemu idola ku seorang ! hiks

      Delete
  8. Lengkap beud KAkaa postingannya :D

    ReplyDelete
  9. Kapan nih mulai beroperasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya beberapa sudah dioperasikan kok kak.

      Delete