Menabung Untuk Liburan ? Harus Donk ! Ada Cara Lain ?

5:13:00 PM

Jogjakarta, kembali menjadi tempat saya melepas penat, namun kali ini berbeda, saya tak perlu menunggu lama untuk "jalan-jalan" ke kota pelajar ini, langusng beli tiket kereta, kemudian esok harinya sudah berganti kasur dan bersiap untuk menikmati makanan, budaya, serta human interest di sepanjang jalan Malioboro. Mengapa saya sebut berbeda ? biasanya, saya harus merencanakan terlebih dahulu, membuat list tempat, mengumpulkan dana, hingga mencari teman, sekarang, pilih, bayar online, selesai, gak perlu jalan ke ATM, bayar pake internet banking jadi gak ribet, ini loh kenapa saya suka sekali menyimpan uang di Bank, banyak untungnya.


   Ada banyak pilihan dan berbagai jalan untuk kita semua merasakan yang namanya liburan, namun hanya dua pilihan mau atau tidak, just it. Saya pusing ketika orang hanya bisa berkata "ih enak banget", "pengen deh" bla bla bla, semua orang punya waktu sama kok di dunia, 24 jam, bedanya cara mengaturnya saja, dan takdir mungkin, hehe. Kalian mau tahu bagaimana saya merasakan yang namanya liburan ? yakin ? Penasaran ? 

Niat, sebelum melanjutkan membaca tulisan ini pastikan kalian memiliki yang namanya "niat" sebagai pondasi untuk melanjutkan liburan nnatinya. Yakinlah, banyak jalan menuju liburan meskipun hanya sebentar, ini yang membuat saya bisa liburan :
  1. Modal sendiri, jika tak memiliki uang, menabunglah, ingatkan "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" seperti itulah kira-kira, pastikan menabung di Bank, agar uangnya tak meledek saat kita membuka dompet, di rumah ? yakin ? lebih aman di Bank, jauh dari segala kemungkinan-kemungkinan yang merugikan, nabung di Bank juga sekarang telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, jadi tenang deh pokonya.
  2. Ikutan kuis-kuis, sekarang buanyak banget loh brand yang ngajak kamu menikmati "liburan" gratis, ya paling harus mau ikuti S & K nya aja, yang penting liburan kan !, yang harus kalian perhatikan dan lakukan adalah berjuang memenangkan kuis tersebut, dan rajin kepo di media social agar tak ketinggalan info, atau undian-undian dibeberapa store juga sering , tapi kita harus modal, belanja biar dapat nomor undian, hiks.
  3. Hari besar, ini wajar meskipun rasanya beda, jalan-jalan bareng keluarga di hari-hari tertentu juga bisa dikategorikan liburan, namun kok kadang gwa terpaksa ya melakukannya, kalian bagaimana ?
  4. Ditraktir teman, senang rasanya punya teman, yang baik maksud saya. Beberapa kali saya pernah diajak teman saya untuk liburan dengan biaya semua ditanggung olehnya, meskipun sebenarnya, saya hanyalah sebagai teman yang menemani temannya berkunjung ke rumah neneknya, menjenguk neneknya, dan kemudian saya dijadikan alasan untuk pulang cepat-cepat, mengesalkan, tapi yang penting free, hehe.
Ayo, coba sekarang kalian pilih mau jalur mana untuk liburan, kalau boleh saran, dari semua yang pernah saya coba, lebih suka yang menabung, bebas banget rasanya, beda ajah. Bahkan saya punya tips nih bagaimana sih agar menabung untuk suatu hal yang kita inginkan dapat berjalan dengan lancar, mau tau ? banget atau ajah ?

Pertama, pastikan kalian Punya tabungan, pastinya sih ini mah, eh, maksud saya akun di sebuah bank, untuk menabung, atau jika ramai-ramai, pilih orang yang paling dipercaya, bahkan kalau bisa, buka saja tabungan baru yang biaya adminnya kecil, ada loh, apalagi kalau buka di pameran, banyak untungnya.

Kedua, Buat perencanaan, mulai dari biaya, tempat-tempat yang akan dikunjungi kemanapun tujuan liburan kalian, hingga mau ngapain aja nanti disana, latihan pose yang keren di objek-objek wisata yang hitz, pelajari dari IG seleb, biar makin hitz.

Ketiga, Konsisten, kuatkan niat, bulatkan tekad, misalkan 10 ribu per minggu, intinya sesuai gambaran aja, dan buat semasuk akal mungkin, masa iya mau ke jepang 10 ribu per minggu, mau kapan jalannya, hehe.

Keempat, Hemat ! mulailah hemat bukan pelit, misalnya ? cari diskonan aja kalau mau belanja haha

Kelima, Beli tiket, Pesan Hotel dari jauh-jauh hari, ini pasti sudah biasa kalian dengar, so gak usah saya jelasin lagi ya kenapa hakl ini harus dilakukan.

Terakhir, Bermimpilah, coba lah pikirkan terus tentang liburan yang akan kalian rasakan nanti, pasti akan terbawa mimpi, dan pasti rasa ingin meningkat tinggi, hingga akhirnya sayang untuk tak diekekusi dengan baik.

Demikianlah tips dari saya, semoga bermanfaat ya, dan ingat ! jangan lupa liburan...hehehe.

You Might Also Like

6 comments

  1. Saran ajah sih...
    Kalau mau liburan murah, kudu disiapkan secara matang. Bisa belajar dari buku. Nah buat dapetin buku murah, referensinya buka priceza.co.id lalu ketik "buku liburan murah". Dijamin deh...dengan cepat kamu bakal nemuin buku2 berharga termurah yang bisa jadi panduan alternatif wisata murahmu selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Liburan next, aku coba cari2 Buku.

      Delete
  2. Dengan adanya tabungan khusus untuk liburan, kita gak perlu repot lagi ya kak pontang pantinting cari anggaran liburan.

    Terima kasih kak arisman, info nya sangat bermanfaat, inysa Allah bisa di terapkan untuk liburan berikutnya

    ReplyDelete
  3. Liburannya jadi seru dan dinikmatin banget deh kalau pake jerih payah sendiri.

    ReplyDelete