Yuk Belajar Agama dan Ilmu Pengetahuan Bersama Film Iqro

7:24:00 PM

Deretan poster film "coming soon" yang saya lewati di Bioskop nampaknya akan membuat para orang tua berpikir dua kali untuk mengajak anaknya menonton, kenapa? Karena mereka sudah mulai cerdas dan memang harus cerdas dalam memilih sebuah hiburan, bukan berarti jelek, namun kategori usia adalah salah satu hal yang wajib untuk para orang tua perhatikan saat mengajak anak ke Bioskop. Setelah itu, barulah perhatikan judul film, isi hingga sedikit cerita tentang film tersebut, apakah layak disaksikan atau tidak.


     IQRO, adalah salah satu film yang cukup saya nantikan, Boscha adalah salah satu daya tarik dalam film ini, dan kembali digunakan sebagai magnet untuk para anak-anak menyaksikan film ini, saya bukan anak-anak tentunya, tapi saya cukup antusias akan hadirnya penampakan tempat tersebut, hal ini sudah saya jelaskan di postingan saya sebekumnya yang bisa kalian cek disini.  Oh iya, kalian sudah tahunkan apa itu Boscha ? Itu loh yang tempat melihat bintang-bintang di Bandung, bisa cek di mbah Google.

Rumah produksi Masjid Salman ITB dan Salman Film Academy memberikan judul IQRO: Petualangan Meraih Bintang sebagai judul lengkapnya, sebuah kalimat cerdas yang ditawarkan saya rasa untuk membuat para orang tua tertarik mengajak anaknya menyaksikan film ini. Awal film, kita akan langsung disuguhkan oleh pemeran utama yang masih belia Aisha Nurra Datau yang akan membuat kita 'gemes' akan karakternya, tak hanya diisi oleh anak-anak film Iqro juga menghadirkan aktor kawakan Cok Simbara sebagai pembunuh rasa kangen fans di masanya (mungkin). 

Ide cerita yang menarik cukup ditawarkan film ini, Sang sutradara Iqbal Alfajri seakan ingin mengajak para penonton ikut berpetualang bersama Aisha mengejar mimpinya. Selain hal tersebut, film yang dipastikan tayang 26 Januari ini juga berusaha 'menyentil' kita untuk peduli akan kelangsungan tempat-tempat seperti Boscha. Saat menyangkut-nyangkutkan Agama dengan sains / ilmu pengetahuan dalam film ini saya rasa langkah yang cerdas, bukan rahasia lagi jika beberapa orang tua belum balance dalam memikirkan pendidikan agama dan pengetahuan, apalagi melalui sebuah film banyak pesan yang bisa langsung berpengaruh dengan cepat kepada para penontonnya. 

Ada dua jalan cerita utama dalam film ini, pertama tentang gadis kecil Aqila yang diperankan oleh Aisha Nurra Datau yang berusaha bertarung dengan dirinya sendiri, berusaha menang, dan berusaha yakin akan pemikirannya, cukup dewasa, namun masih dibalut dengan sifat kekanak-kanakan. Akting yang menggemaskan berhasil ditunjukan oleh Aisha, tak hanya dirinya, Raihan Khan yang berperan sebagai Fauzi dalam film ini juga memberikan porsi yang cukup membuat panjang film ini pada cerita Aqila. Kedua, kita akan menemukan sosok Professor Wibowo yang diperankan oleh Cok Simbara, sebelumnya ia sudah kembali berakting dibeberapa film, jika kalian masih kangen dengan akting beliau, berarti kalian tua. Hehe. Masalah yang dihadapi Prof Widodo ini yang membuat kita seharusnya berpikir untuk melestarikan lokasi wisata yang lebih bermanfaat dari sebuah tempat hiburan. Dalam film diceritakan akan dibangun sebuah hotel berjarak kurang dari 200 meter dari Boscha, cahaya yang dihasilkan hotel tersebut tentunya akan menggangu proses pengamatan nantinya, hal tersebutlah yang Prof Widodo hadapi. Apa yang akan terjadi selanjutnya ? 

Penggunaan drone dalam film ini menjadikan pemandangan Boscha menjadi luar biasa Indahnya, sangat menyenangkan melihat landscape kota bandung yang asri dan indah. Sayangnya, film ini seakan membuat semuanya terasa cepat, beberapa proses terasa hilang tiba-tiba entah kemana. Namun sebagai film anak, Iqro adalah film yang saya rekomendasikan untuk disaksikan bersama keluarga. 

TENTANG FILM 



   Aqila (Aisha Nurra Datau) gadis cilik yang sangat senang dengan dunia sains, saat besar nanti ia bercita-cita menjadi seorang astronot sehingga dapat melihat benda-benda yang selalu ada di pikirannya. Impiannya melihat langsung benda-benda di luar angkasa membuatnya amat terobsesi dengan segala sesuatu berbau sains, yang ia yakini, Pluto saat ini bukankah sebuah planet, dan ingin membuktikan hal tersebut. Dilain sisi, ada Professor Wibowo (Cok Simbara) yang tak lain adalah kakek dari Aqila, sebuah keberuntungan untuk Aqila mengikuti hasratnya melihat benda-benda langit, Kakeknya berada di Bandung dan dekat dengan Boscha, tempat melihat benda-benda luar angkasa. Ternyata yak mudah, Aqila harus mengikuti tantangan sang Kakek jika ingin melihat Pluto dari Boscha, yaitu harus bisa mengaji. Aqila pun menerima tantangan tersebut untuk mengejar keinginan ya. Tak mudah bagi Aqila ternyata, di Pesantren kilat tempatnya belajar mengaji ia selalu bertengkar dengan Fauzi (Raihan Khan). Dan dibalik itu semua, ternyata Professor Widodo juga memiliki masalah serius, tak jauh dari Boscha berdiri akan dibangun Hotel megah bermandikan cahaya yang akan menggangu sistem kerja Boscha melihat benda-benda di angkasa. Professor Widodo dan Sang Istri (Neno Warisman) terus berjuang agar Hal tersebut tak terjadi. 

Lalu, apakah Aqila bisa menyelesaikan tantangan Sang Kakek ?

Bagaimana cara Prof Widodo menghadapi masalah Boscha ini ? 

Semua jawabannya bisa kalian dapatkan tanggal 26 Januari 2017 hanya di Bioskop kesayangan kalian. Jangan lupa ya ! 


Judul Film
IQRA
Petualangan Meraih Bintang

Sutradara
Iqbal Alfajri

Produksi
Masjid Salman ITB & Salman Film Academy

Tayang
26 Januari 2017

Genre Film
Drama, Religi

Pemain
Cok Simbara
Mike Lucock
Neno Warisman
Adhitya Putri 
Raihan Khan
Aisha Nurra Datau

Info Film
www.film-iqro.com

You Might Also Like

0 comments