Mengerikan ! Rumah Malaikat Menyajikan Sesuatu Yang Berbeda

1:37:00 PM

“Saya tak membayangkan film nya seperti ini, saya pikir horor namun ternyata mengerikan. Dan saya suka sekali”

-Arisman Riyadi-

Film Rumah Malaikat adalah salah satu film yang cukup saya nantikan, salah satu group whatsapp yang isinya orang-orang film hampir semua membicarakan tentang film ini, beberapa foto yang dishare di group tersebut juga semakin membuat penasaran, horor, mungkin itu yang pertama saya rasakan ketika melihat poster film ini. Sekumpulan anak-anak yang seakan ingin mengajak bermain, kemudian meminta masuk kedunia ‘mereka’ membuat poster film ini terbilang menyita perhatian ketika kita melintasi jajaran poster coming soon yang ada di bioskop. Akhirnya film ini rilis tanggal 24 November lalu, dan sayapun siap merasakan hal yang belakangan ini saya rasakan. Penasaran?



   Ide cerita yang menarik, sang sutradara berhasil menyajikan karya yang membuat saya tak ingin beranjak ke kamar kecil atau bahkan melihat handphone saat itu, dari awal film ini sudah mulai menampakan sisi horor dari setting tempatnya, kemudian tokoh-tokoh yang mulai nyaman dengan zona mereka sendiri, hingga pertanyaan-pertanyaan yang mulai saya dapati dan tak sabar menanti jawabannya di akhir film.

Menceritakan Alexandra (Mentari de Marelle), seorang mahasiswi yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya, tahap penelitian mungkin, ia mewawancarai seluruh anak-anak yang ada di panti yang bernama “Rumah Malaikat”, hingga suatu malam salah satu pengurus panti tiba-tiba berhenti dan membuat ia berinisiatif untuk menggantikannya agar mudah melakukan wawancara terhadap seluruh anak panti. Keunggulan dari film ini yang pertama saya lihat adalah setting tempat yang tak melebar kemana-mana, tak membuat saya sebagai penonton pusing dan berfikir untuk menyambung-nyambungkan cerita meskipun masing-masing karakter seakan menyimpang kisah pribadi mereka sendiri. Hal tersebut bisa dibilang juga sebuah kelemahan, pasalnya film ini tak membahas lebih jauh tentang karakter unik para anak-anak yang sejatinya telah menarik perhatian saya dari tampilan mereka.
Beberapa karakter dalam film Rumah Malaikat
Sebagai pemeran utama, Mentari terbilang berhasil menampakan sisi ketidak takutannya terhadap hantu yang beberapa kali muncul untuk membawa kita fokus kedalam cerita, namun sayang saya justru mengharapkan ia menampakan rasa takutnya agar 'image horor' yang ingin film ini bangun tercipta lebih kuat. Lain halnya dengan sosok Ibu Maria (Roweina Umboh) ketua panti asuhan Rumah Malaikat yang karakternya benar-benar kuat. Roweina yang sebelumnya saya anggap sukses di film Untuk Angelin beberapa waktu lalu membuktikan bahwa peran antagonis yang selama ini hilang telah kembali, dan dalam film ini peran antagonis yang ia mainkan amatlah menyita perhatian, tak perlu melakukan kemarahan yang luar biasa, cukup tenang dan misterius membuat karakter Ibu Maria sukses ia perankan dan memimpin jalannya film ini.

Ide cerita yang menarik sayangnya tak disusul dengan alur cerita yang menarik pula, benar adanya jika saya tak ingin beranjak dari tempat duduk namun hal itu saya lakukan karena tak ingin ketinggalan cerita, beberapa scene dalam film ini terkadang terasa kosong, seakan membuat kata 'bersambung?' hadir dipikiran saya. Oh iya, untuk urusan dialog terbilang simple, sehingga saya agak sulit mengingat sesuatu yang spesial untuk saya tulis, namun tetap membuat film ini layak untuk dinikmati bahkan lebih dari satu kali.

Rumah Malaikat adalah film yang cukup dinantikan banyak orang, termasuk saya dengan berbagai alasan, mungkin sama seperti yang saya utarakan diawal tadi. Namun film ini sejatinya memang menyajikan sesuatu yang berbeda dari film 'horor' biasanya, ending film ini justru membuat saya semakin penasaran kisah semua karakter satu per satu. Horor yang dimasukan dalam film ini seakan membuat saya berucap "saya ingin cerita yang lebih horor dari cerita tadi!", bahkan terlintas dipikiran saya "Saya ingin film ini ada lanjutannya", tapi tiba-tiba terlintas juga "kenapa tak disatukan dengan film Rumah Dara" eh.




Judul Film
RUMAH MALAIKAT

Sutradara
Billy Christian

Produksi
SAS Films

Penulis
Billy Christian

Genre Film
Horor, Thriller

Pemain
Mentari de Marelle
Roweina Umboh
Agung Saga
Dayu Wijanto

You Might Also Like

0 comments