ISTC - Cara Mudah Terjun Ke Pasar Modal

12:38:00 PM

Generasi muda saat ini, ingin yang simple, mudah, praktis, menyenangkan dan tak lepas dari smartphone. Mungkin itu yang saya lihat dan rasakan, perkembangan teknologi menuntut untuk diterima hingga akhirnya, semua menjadikan yang terlihat sulit menjadi mudah untuk dilakukan. Saya rasa itu yang telah dilihat oleh Indosat Ooredoo beberapa tahun belakangan ini, anak muda yang cendrung pasif terhadap 'Permainan Saham' dibuat tertarik dengan adanya program terbaru dari Indosat Ooredoo yaitu Indosat Stock Trading Contest (ISTC) yang berlangsung dari tanggal 11 Agustus 2016 hingga 31 Januari 2017 mendatang.


   Indosat Stock Trading Contest (ISTC) merupakan sebuah program sosialisasi serta pembelajaran dalam melakukan investasi/transaksi saham secara virtual, menariknya, program dibuat seperti 'bermain-main' namun menggunakan data-data pilihan dengan mengacu kepada sejumlah 'saham pilihan' yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia secara realtime. Sebuah keberuntungan bagi saya bisa ikut mencoba terlibat dalam kompetisi ini, bekerja sama dengan BEI dan Trimegah Securities yang menjadi penyedia aplikasi simulasi online stock tranding berbasis mobile apps, Indosat Ooredoo memfokuskan program ini pada peningkatan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda 'melek Investasi di Pasar Modal Indonesia'. Tak hanya sekedar pemahaman, Indosat Ooredoo juga menyediakan hadiah yang tak sedikit nilai dan manfaatnya, apa saja? yuk cek gambar dibawah ini.

Hadiah yang akan didapatkan untuk para juara ISTC
Eits ! jangan mulai berkhayal ya, kalau mau hadiah tersebut berjuang dulu, masih ada waktu loh. hehe. Dan sekarang, saya akan coba berbagi bagaimana sih cara untuk ikut 'bermain' dalam program ISTC dari Indosat Ooredoo ini.

1. REGISTRASI

   Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah melakukan registrasi / pendaftaran di istc.indosatooredoo.com/registrasi, kemudian isi data diri pada form registrasi dengan lengkap dan benar. Oh iya, perlu diingat ya bahwa program kontes bermain ini hanya bisa diikuti oleh pengguna nomor Indosat Ooredoo saja.

Form yang harus kalioan isi
setelah melakukan registrasi, maka kalian akan langsung mendapatkan email yang berisi informasi username dan password yang akan kalian gunakan untuk log in pada aplikasi ISTC nantinya. Dan jangan kaget ketika kalian langsung mendapatkan modal awal 50 juta ! waw, eh tapi hanya virtual deh. haha.

email yang nantinya akan kalian dapatkan


2. DOWNLOAD APLIKASI ISTC

   Setelah kalian memiliki username dan password, langkah selanjutnya ialah unduh aplikasi ISTC, telah tersedia di Appstore dan Playstore, tak berbeda kok dengan cara mengunduh aplikasi-aplikasi lainnya, tinggal 'klik' instal.

Aplikasi ISTC di Playstore
kemudian buka aplikasi dan masukan username serta password yang tadi kalian dapat di email.


setelah itu, kalian akan mendapatkan email/sms yang berisi kode OTP untuk diisi pada form selanjutnya. Cukup membingungkan saya rasakan saat itu, apalagi dalam pengisian kita tak boleh melakukan copas, harus ketik ulang, jika copas maka data akan tak terbaca dan kita harus mengisi username dan password dari awal lagi, kemudian mendapatkan OTP yang baru lagi. saya cukup lelah saat itu.

lihat, 4 kali sms masuk, berarti 4 kali saya melakukan kesalahn dalam pengisian, jangan ditiru ya.hehe
sudah dapat kode OTP ? maka kalian siap untuk mengisi form berikutnya, kemudian siap bertransaksi ! yeah....

3. MULAILAH BERTRANSAKSI

   Ayo bertransaksi ! ujar pikiran saya saat sukses dalam proses registrasi dan pengisian OTP saat hadir diacara Training ISTC bersama para blogger lainnya di gedung Indosat Ooredoo selasa (13/12) lalu. Selajutnya, praktek pun dimulai dengan 'pusing' karena data pada aplikasi terus berganti, kenapa? karena data tersebut adalah realtime seperti aslinya, serukan !

ini data yang akan kalian lihat, akan berubah terus menerus, naik-turun.

bisa dibuat mudah ketika kalian ingin mencari perusahaan tertentu, cukup pilih 'search stock'
Bosan hanya melihat-lihat? atau pusing? maka kita langsung ketahap berikutnya, yaitu BUY and SELL, sama seperi di kehidupan nyata pasar modal, dalam permainan/simulasi virtual ini modal 50 juta yang kalian dapatkan diawal tadi harus kalian gunakan untuk membeli saham terlebih dahulu, baru kalian resmi disebut sebagai investor. Kemudian gunakan analisa kalian untuk membeli saham-saham apa saja yang patut dibeli, dan perhitungkan waktu kapan saham-saham yang kalian miliki harus kalian jual, jika berhasil kalian siap menjadi pemenang kontes ISTC ini dan siapo mengikuti rangkaian kegiatan yang telah direncanakan Indosat Ooredoo serta kalian dipastikan siap untuk terjun bebas di Psar Modal yang sesungguhnya. Tertarik? 

berikut rangkaian program ISTC, setelah launching, kemudian periode kontes, maka nantinya para finalis/peserta yang lolos akan lamngsung menuju bootcamp (16 finalis) kemudian awarding pada tahap akhir.

BUY & SELL

   Dalam tahap bertraksaksi, pasti ada beli dan jual, dalam kesempatan menghadiri traning saat itu, saya diajarkan 3 cara dalam melakukan beli & jual, diantaranya menggunakan 'Search Stock - klik Price Offer', 'Swipe, kanan untuk membeli, kiri untuk menjual', serta menggunakan 'watchlist'.

Kalian bisa mengklik kolom price pada bagian offer untuk membeli & price Bid untuk menjual

swipe/geser kekanan untuk membeli (warna hijau)

geser ke kiri untuk menjual (warna merah)

terakhir, dengan memilik market analysis pada menu, kemudian pilih namaperusahaan, setelah itu klik tools yang saya lingkari di gambar
ketiga tahap diatas, akan menuju pada satu tampilan yang sama, seperti ini :


pilih Buy / Sell dengan mengklik salah satu diantaranya, kemudian isi berapa lot (satuan lembar dalam saham, 1 lot = 100 lembar). Setelah berhasil membeli/menjualnya, maka kalian siap memonitor saham kalian pada menu 'My Portfolio'. 


Dalam simulasi ini, kalian juga akan dikirimkan laporan terkait pembelian/penjulan saham kalian setiap harinya, laporan biasanya dikirimkan sore hari via email yang terdaftar tadi, persis seperti di kehidupan nyata pasar modal. seperti ini :

laporan haian yang saya dapatkan saat mencoba aplikasi ISTC
   Begitulah cara bermain dalam program ISTC, yang memiliki portfolio tertinggi atau saham terbesar akan menjadi pemenangnya, namun sebelum itu 16 orang akan dipilih menjadi finalis untuk masuk dalam Bootcamp pada tanggal 20 - 22 Februari 2017. Info lebih lanjut kalian bisa cek di istc.indosatooredoo.com sekarang juga ! kapan lagi loh, belajar saham sambil bermain terus dapat hadiah pula, mau banget kan pastinya ?

You Might Also Like

6 comments

  1. yuk belajar investasi Biar dpt menang. hadiah menarik

    ReplyDelete
  2. yuk belajar investasi Biar dpt menang. hadiah menarik

    ReplyDelete
  3. Wah, menarik ni infonya. Sudah lama saya pengen praktek trading, tapi masih maju mundur. Alhamdulillah ada layanan yang bisa dijadika ajang uji-coba

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ISTC - CARA MUDAH TERJUN KE PASAR MODAL
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pasar Modal
    Silahkan kunjungin web kami http://pasarmodal.blog.gunadarma.ac.id/ kami menyediakan artiket mengenai pasar modal di situ.

    ReplyDelete

  6. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal. penanaman saham dipasar modal merupakan suatu cara yang sangat bagus dipelajari untuk memenuhi/mendapatkan kebutuhan primer/sekunder dalam kehidupan sehari-hari untuk semua kalangan. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai permainan pasar modal yang dapat dilihat di PasarModal

    ReplyDelete