Rayakan Ultah Ke-26, JNE Siap Hadirkan "HARBOKIR" Untuk Semua "Local Heroes"

12:19:00 PM

Kemal membuka acara kali ini dengan dua paket yang ia bawa, sontak mata saya tertuju padanya hingga harus berakhir pada kekecewaan bahwa paket tersebut bukan untuk saya. Hiks. Tak apa, bisa hadir di XXI Lounge, Plaza Senayan untuk acara ini saja saya sudah cukup senang, hehe. Acara yang diberi nama JNE Media & Blogger Gathering 2016 ini tak lupa menggandeng kalimat "Local Heroes Go Internasional", tak hanya kumpul-kumpul semata, pasalnya sederet jajaran penting perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini juga turut hadir dan akan memberikan sedikit sharingnya tentang JNE hingga bisa berkembang pesat sampai saat ini, ialah President Director JNE yaitu Bpk. M. Feriadi, serta VP of Marketing JNE, Bpk Eri Palgunadi, dan tak lupa pula beberapa narasumber yang bakal dihadirkan sebagai contoh "Local Heroes".

Kemal Mochtar bertindak sebagai MC dalam acara tersebut
   Hastag #JNELocalHero merangkak naik pada urutan kedua siang itu, kebanggaan tersendiri bagi kami kuli dunia maya untuk menjadikan trending topic sebagai tolak ukur acara yang kami hadiri. Lalu, acara apa sebenarnya ini? 

NOVEMBER, bulan yang sangat istimewa bagi perusaan yang pernah meraih Service Quality Award tahun 2016 yang diselenggrakan oleh Service Excellence Magazine ini, pasalnya bulan ini merupakan hari jadinya yang ke 26, sebuah angka yang cukup istimewa, sudah seperempat abad JNE menemani kita dalam antar-mengantar barang. "Di hari jadinya yang ke-26 tahun ini, kami mengangkat tema "Menginspirasi Negeri", JNE berkeinginan kuat untuk lebih menginspirasi bagi bangsa, dengan setiap langkah JNE yang bertujuan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi karyawan, pelanggan retail maupun corporate, mitra, UKM dan masyarakat luas. Harapannya agar JNE turut berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara" kata pak M. Feriadi selaku PresDir JNE. Contohnya saja aplikasi MY JNE yang kami hadirkan agar para pelanggan mudah dalam tracking barang kirimannya, tambahnya.

M. Feriadi selaku PresDir JNE
Fokus pertama yang saya tangkap dalam acara ini adalah, JNE membidik UKM dalam visinya untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia, kenapa? bisnis UKM mencangkup semua kelas, lintas kelas, dan semua saling terkait mulai dari kelas bawah, menengah hingga atas saat ini sudah mulai menjajaki usaha untuk kelangsungan hidupnya. Nah, beruntung banget nih acara tersebut juga mengundang Pak Jaya Setiabudi selaku founder yukbisnis.com yang bakal ngasih kita tips bagaimana sih agara bisnis UKM kita berjalan sukses. 
  • INOVASI, adalah sesuatu yang penting dalam pengembangan bisnis UKM yang sudah mulai banyak saingan saat ini. Jika ingin memulai, mulailah ! jangan ragu, dan lihat pasar sekitar, cari sesuatu yang beda dan unik.
  • Buatlah sebuah "MERK", dalam hal ini akan lebih membuat "BRANDING" produk yang akan kita pasarkan, buat nama yang mudah diingat dan disebut, serta logo yang menarik dan eye catching. Ingat ! Branding dibutuhkan agar pelanggan semakin royal dengan produk yang kita jual.
  • Kuasai produk tersebut, atau yang biasa kita sebut dengan product knowladge.
  • Buat packaging semenarik mungkin dan berkelas.
  • Patikan anda melakukan "Pemantauan" dalam penjualan produk anda, siapa yang sering membeli dan dimana, itu bisa menjadi acuan untuk kemajuan bisnis anda.
  • Dan tak lupa untuk "Berbagi".
Sepeti itulah beberapa point yang Pak Jaya katakan saat itu, beliau selalu ingat ucapan sang Ayah yang selalu mengajarkan dirinya untuk menjadi owner, bukan pesuruh. Wejangan dari ayahnya tersebutlah yang menjadikan YukBisnis.com telah menggandeng lebih dari 1000 UKM hingga saat ini.

Jaya Setiabudi saat memberikan sharingnya
Masih belum mengerti mengapa JNE menggandeng kalimat "Local Heroes" pada acara kali ini? 

Tanpa kita sadari, bisnis UKM adalah pahlawan untuk kita hingga saat ini, conrohnya, saat ini kita tak perlu pergih jauh-jauh ke suatu daerah hanya untuk membeli makanan khasnya, para UKM telah berinovasi dengan sistem online mengembangkan bisnisnya, sehingga dengan menggunakan smartphone yang kita miliki, kita sudah bisa memesan makanan khas yang jaraknya jauh dipisahkan oleh lautan. Dan untuk penambahan "Go Internasional", JNE pada kesempatan kali ini juga mengundang Ria Sarwono selaku Brand & Marketing Director Cottonink, sebuah bisnis yang ia mulai dengan sahabatnya yang hanya bermodalkan satu juta rupiah saja dengan bantuan social media kala itu, hingga saat ini Cottonnk bahkan sudah memiliki outlet di Plaza Senayan."waw". Yang lebih membanggakan lagi adalah pendistribusian yang sudah mencangkut negara tetangga, menjadikan Ria Sarwono pantas di nobatkan sebagai Local Heroes Go Internasional oleh pihak JNE.

Ria Sarwono turut hadir memberikan ceritanya tentang CottonInk
Tak hanya sekedar penobatan, JNE yang tengah bergembira akan ulang tahunnya yang ke-26 ini juga memberikan sebuah hadiah luar biasa yang bisa dinikmati oleh para Local Heroes diseluruh Tanah Air, melalui Bpk. Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE, "HARBOKIR" diucapkan dengan lantang sebagai hadiah untuk para pelanggan kepercayaan JNE. Apa sih itu? Harbokir adalah singkatan dari Hari Bebas Ongkos Kirim yang akan diselenggrakan pada tanggal 26 - 27 November 2016, semua biaya ongkos kirim GRATIS untuk seluruh pelanggan, baik retail maupun corporate. Program ini juga berlaku untuk semua produk layanan yang tersedia, diantaranya YES, Reguler dan OKE dengan persyaratan maksimum 2 kg serta pengiriman dalam wilayah saja di 55 kota di Indonesia, contohnya Bogor ke Bogor, Ambon ke Ambon, Jakarta ke Jakarta, Denpasar ke Denpasar serta dalam kota lainnya. Dan ingat, program ini hanya berlaku untuk pengiriman tanggal 26 - 27 di seluruh titik yang ada logo JNE.
Pak Eri Palgunadi saat menjelaskan tentang HARBOKIR
Sesuai deng misinya JNE, yaitu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten, sebelumnya JNE juga telah memberikan apresiasi kepada Blogger dan Media yang turut aktif menyuarakan informasi dalam bentuk artikel atau pemberitaan dengan memberikan beberapa hadiah liburan ke Bali, meskipun sayangnya bukan saya yang dimaksud, hehe. Tapi ini adalah bukti nyata JNE menghargai perkembangan tekhnologi saat ini, acara ini juga turut membuktikan bahwa JNE sangat care dengan pengembangan Local Heroes yang harus sudah beralih ke dunia digital untuk mengikuti perkembangan global dan mulai Go Internasional. Nantinya, JNE juga akan selalu mengoptimalkan jaringan dalam negeri agar semua terkoneksi secara online, pasalnya sejak tahun 2010 lalu JNE sudah mulai memiliki peningkatan yang konsisten sebesar 30 % dalam pengiriman seiring dengan berkembang pesatnya e-commerce di Tanah Air. 7000 armada dari berbagai jenis ukuran juga telah dimiliki oleh JNE dan akan terus dilakukan peningkatan agar proses pendistribusian semakin meningkat dan lebih efisien. Akhir tulisan ini saya berharap Local Heroes semakin berkembang dan memajukan perekonomian Indonesia, serta mampu memasarkan produknya ke pasar global. Amin.

Foto bersama para jajaran JNE beserta Local Heroes

You Might Also Like

12 comments

  1. Bisa aja mas aris. Kuli tinta itu pers a.ka. wartawan.. Kalau blogger kuli dunia maya... Istilah baru nich

    Tapi memang untuk surat berharga saya kirim via jne, keamanananya sudah terjamin dan saya udah membuktikannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiba2 bertuliskan gitu nih... Hehhee...

      Nah ! Benerkan, gak salah pilih JNE heheh

      Delete
  2. Suka sih sama JNE krn bisa di-tracking udah sampe mana paketnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake My Care ya.. eh, tapi kalo oleh-oleh madura bisa di tacking gak wkwkwkw

      Delete
  3. Informatif sekali reportasenya ka Aris, aku juga pke JNE buat kirim barang dagangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak sudah berkunjung.. eh, kirim ke rumah aku juga donk. Jangan lupa !

      Delete
  4. wah hari ini dong ya free ongkir nya.. belanja aah hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini terakhir, semoga makin sering yak wkwkw

      Delete
  5. Wah makin rajin belanja online nih kalo JNE bokir terus wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang terakhir kak... Yuks akh mampir ke JNE hehe

      Delete
  6. saya akhir-akhir ini makin menghargai jasa ekspedisi, karena tahu betul gimana beratnya perjuangan kurir dalam mengantar paket/ dokumen untuk pelanggan. Berat banget perjuangannya.

    ReplyDelete
  7. Koreksi dikit. Tempat gathering kemarin itu di Plaza Senayan bukan di Plaza Indonesia

    ReplyDelete