Berburu Menu "Baru" di Japan Food Festival 2016

2:53:00 PM

Untuk urusan makanan, orang Indonesia memang sudah tak diragukan lagi ketertarikannya dalam mencoba sesuatu yang baru, beberapa orang mungkin rela berkunjung ke suatu negara hanya untuk mencoba makanan tersebut namun bagaimana dengan yang tak punya budget tapi ingin mencobanya...? Hal ini mungkin yang dilihat oleh Japan External Trade Organization (JETRO) yang ingin memperkenalkan menu - menu "baru" dari restoran otentik Jepang yang belum pernah melakukan ekspansi ke Indonesia sebelumnya. Bekerjasama dengan Eat and Eat acara yang diberi nama JAPAN FOOD FESTIVAL 2016 resmi digelar pada Senin (31/10) lalu.
Gerbang memasuki Japan Food Festival
   Area Food Society Kota Kasablanka, Jakarta, sudah ramai sejak pagi saat mal dibuka. Kedai - kedai khas negeri sakura yang terbuat dari kayu telah berdiri rapih bersamaan dengan lampion merah dan busana khas koki jepang yang membuat saya seakan habis melewati pintu kemana saja kemudian berlabuh di sebuah pasar traditional di Jepang. Semakin mengitari area tersebut, saya semakin bingung dengan beberapa nama yang tak biasa saya dengar, Enokiya? Apa itu? sepertinya tak ada di restoran-restoran Jepang yang biasa saya makan hehehe... Ternyata ! semua makanan yang ada di festival ini menu baru yang loh, "Ini semua belum pernah ekspansi di Indonesia, baru semua" ujar pihak pengelola acara ini. Wah, beruntung sekali saya saat itu bisa merasakan berbagai makanan Jepang tanpa harus terbang jauh. Keren !


Eh, buat kamu yang juga ingin merasakan sensasi yang saya rasakan gak perlu bingung, acara ini berlangsung selama dua minggu dari tanggal 31 Oktober - 13 November 2016 loh dengan lokasi yang tak berubah, tetap di Food Society, Kokas yang setia menunggu kedatangan kamu, iya kamuu...

   "Untuk event kali ini, saya akan membuat sushi itu sendiri, dan menyajikannya untuk kalian semua" kata Mr Kazuki Kawabata (bahasa jepang yang sudah ditranslate) yang merupakan koki yang langsung datang dari Jepang, nah ! ini salah satu hal yang menggembirakan dalam acara ini, koki asli dengan cara memasak jepang yang "ramai" membuat suasana festival ini sama seperti saat kita kulineran di negeri sakura tersebut. Oh iya, kalau kalian berfikit "akh, sushi, sama aja donk" buang jauh-jauh, karena sushi ini beda, menggunakan daging bukan ikan.

Sushi yang tadi saya katakan bisa kita dapatkan di kedai "Sushi Kaz" dengan harga kisaran 70k hingga 120k dengan porsi yang "ampunn kenyang banget" pokoknya. Selain sushi, kedai yang sudah memiliki 4 toko di pusat Tokyo ini juga menyediakan menu lainnya seperti Broiled Sashimi Rice Bowl (ini menu nasinya gurih banget, sumpah !) dan Shrimp Tempura Salad Roll & Salmon Avocado Roll. 

Nih Koki nya, Mr. Kazuki yang langsung turun tangan membuat sushi dan menyapa kamu dengan sedikit senyuman...
(jangan salah fokus dan baper ya wkwkwwk)
Kalau yang ini namanya Broiled Sashimi Rice Bowl, liat deh langsung kenyangkan, tapi pas nyobain sekali aja pasti mau nambah, beneran !
   Selanjutnya kita juga akan menemukan Champon, apa itu? sejenis ramen tapi bukan rame (-__-), Champon adalah hidangan yang terbuat dari sayuran, sayur tempura yang dimasak bersama dengan homemade sup dan homemade mie. Pas saya coba Subhanallah gurihnya, kuah kaldunya tuh bikin bahagia entah kenapa, ini salah satu menu yang wajib dicoba saat kalian berkunjung ke Japan Food Festival di Kokas fresh & sehat adalah kata yang pas, makanan khas Nagasaki Jepang ini dijamin bikin kamu mimpi indah. "Saya sudah tinggal 3 tahun di Jakarta, saya sedang belajar bahasa Indonesia, bahasa Indonesia selesai" kata Mr Sizuke Nanseki dengan bahasa Indonesia namun logat yang Jepang banget heheh.. dengan harga 68k kalian bisa mencoba "ramen sehat" yang sudah memilki 640 toko di Jepang dan 11 di luar negeri. waw !!

   Ada juga Pak Fridaus Priyo Hartomo yang ternyata orang asli Indonesia, namun sudah lama bekerja di Jepang, "kali ini saya akan membuka toko Taiyaki di sini, selayaknya makanan tradisional di Indonesia. Bisa disebut martabak, namun Taiyaki ada yang menggunakan kacang merah. Oh iya ! tanpa bahan pengawet loh" ujarnya. 


Bentuknya nan menggemaskan membuat saya penasaran dengan rasanya, dan ternyata sama ! rasanya juga amat menggemaskan. Gigitan pertama membuat saya meneruskan gigitan selanjutnya hingga habis dan ingin nambah lagi, rasa keju langsung saya menjadi favorit saya saat itu juga. Taiyaki terdiri dari 3 rasa, ada keju, kacang merah dan green tea yang juga mewakili rasa yang disukai orang Indonesia. Komposisi yang PAS antara manisnya kacang merah, asinnya keju serta pahitnya green tea sangat TEPAT dibalut dengan gurihnya adonan taiyaki. Dengan harga 22k kita sudah bisa membawa pulang "ikan lucu dan enak" yang siap disantap saat menjalani aktivitas.

Ada lagi ? ada donk ! kalau penasaran? yuk langsung ke Kota Kasablanka Mulai tanggal 31 Oktober - 13 November 2016 ! hanya 2 minggu loh, awas nanti nyesel lagi...hehehe...

   Untuk menu selanjutnya yang saya coba adalah menu yang pas untuk menemani musim penghujan yang saat ini singgah di Tanah Air, namanya Tokyo No. 1 Chiken Ramen Takeichi / Ramen Ayam yang sudah memiliki 9 restoran di Jepang dan 4 restoran di luar negeri, waw, pilihan yang tepat banget kan !.

Saat saya mengunjungi kedai ini, ternyata semua orang sudah antri untuk mencicipi ramen ayam yang jelas terlihat segar sekali, dan benar adanya, sup nya cukup memuaskan dan membuat hangat. Dengan 77k kita bisa meendapatkan semangkuk ramen yang sehat tanpa babi sedikitpun (tentu halal donk pastinya) hanya merebus ayam segar sampai mengeluarkan kuas kaldu ayam yang mengandung banyak kolagen yang bagus untuk kulit dan tulang rawan. "Nantinya kami juga akan melakukan penyesuaian serta memadukan rasa khas Indonesia pada ramen kami" kata Mr Hara selaku koki dari kedai ini.Wah, pasti seru ya kalau ada remen rasa soto, sate, gado-gado pokoknya yang Indoensia banget deh... can't wait !

Suasana di depan kedai Chiken Ramen Takeichi, liat deh kostum koki dan kru kedainya kaya di film-film jepang gitu, ((yaiyalah, kan kedai jepang wkwk))
   Adalagi nih yang saya coba, nama Kedainya Enokiya yang menjual sejenis manisan ala Jepang. Satu kata "enak ! " untuk makanan yang dijual di kedai ini. Terdiri dari 3 menu diantaranya Manju yang berwarna coklat, dengan isi kacang merah, sangat gurih, renyah dan manis, dengan harga 17k kita sudah bisa merasakan Crispy Bean Cake yang enak ini. Kemudian ada Dango yang berteksture lembut serta mudah dikreasikan dalam penyajiannya, bisa dioleskan saus manis-asin, ditaburkan bubuk kacang atau gula pasir, coklat dan keju, cukup dengan 15k "cilok khas jepang" ini bisa kita makan berdampingan dengan teh hangat. Terakhir ada Daifuku, atau bisa kita sebut mochi (tapi besar tak seperti yang dijual di bus-bus wkwkw) yang berisi kacang merah, tekstur yang kembut serta kacang merah yang gurih membuat daifuku cocok sekali untuk teman santai kamu, hanya 22k loh, murah banget kan.. yummy !

nih, penampakan Dango yang disajikan dengan saus manis-asin serta taburan gula, rasanya itu enak deh, lengket-lengket gimna gitu pas di gigit heheh

Kalau yang ini Daifuku siap dibawa untuk kemana saja, lembut banget loh karena tanpa bahan pengawet, cita rasanya khas ! sumpah !
yang ini Daifuku saat sudah di potong-potong, jangan ngiler ya, mending langsung deh ke kokas sekarang !
   Selain makanan Jepang, kalian pasti taukan Eat & Eatitu  konsepnya unik banget ! suasana yang dibuat pasti membuat para pengunjung terhanyut kedalamnya, dan karena bekerja sama dengan Eat & Eat makan Japan Food Festival juga menyediakan beberapa makanan dalam negeri seperti Asinan Betawi, Rujak dan Es Centol. 

Stand Eat & Eat yang berbentuk grobak, melukiskan Indonesia banget kan, bangga deh bisa bersanding dengan makanan-makanan Jepang lainnya...
Oh iya, hampir saya lupa ! selain berbagai makanan yang pasti disajikan dalam Japan Food Festival 2016 di Food Society, Kota Kasablanka Jakarta, Festival ini juga memberikan kita tontonan loh, ada movie screening serta pertunjukan kesenian Jepang seperti Jakarta Koto Club dan Japanese Tea Ceremony, Furoshiki/Origami. 

Dan setelah resmi dibuka pada Senin (31/10) lalu, Japan Food Festival ini siap memanjakan masyarakat Indonesia untuk berburu menu baru khas Jepang yang belum pernah ekspansi di Tnah Air, dengan harga yang pas, rasa yang enak sesuai lidah kita karena sudah dilakukan beberapa penyesuaian serta status halal yang membuat kita nyaman menikmati makanan dalam festival ini. Acara ini juga memiliki dampak yang besar dalam kerjasama Indonesia - Jepang dalam pasar global serta memberikan kita pengalaman baru dalam "kulineran".

Acara Presmian yang ditandai dengan pemotongan pita oleh para perwakilan dari perusahaan industri jasa makanan Jepang yang berpartisipasi dalam Japan Food Festival
Yang saya suka, gaya berdiri mereka sama ! tak hanya membawa makanan saja tapi attitude yang Jepang banget juga mereka tampilkan dalam Japan Food Festival 2016
(Mr Kitagawa, JETRO - Mr. Hara, Menya Takeichi - Mr. Iwata, Morinaga - Mr Kazuki, Riverside - Mr Priyo, Yataro - Mr Nanseki, Rinegr Hut)

Nama Acara
JAPAN FOOD FESTIVAL 2016

Waktu
31 Oktober - 13 November 2016

Tempat
Food Society (ground floor) Mall Kota Kasablanka, Jakarta

Jenis Acara
Festival Makanan dan Kebudayaan

Info Acara

Twitter
@JapanFoodFest

Facebook
Japan Food Festival

Instagram
@JapanFoodFest




You Might Also Like

8 comments

  1. aduh harus mampir kokas donk ya ini

    ReplyDelete
  2. wahh pokonya besok harus datang ni, pantang pulang sebelum kenyang, thanks infonya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip kak, terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  3. oh yang bikin suhsi dia. lah salah. suhsi. shusi nah bener. sushi nah ini bener...
    yang bikin sushi ganteng, pantesan enak :))))))

    ReplyDelete