"Yang Baru" dalam Indonesian Movie Actors Awards 2016

10:26:00 PM

Ajang penghargaan perfilman Indonesia memang sangat diperlukan, faktanya melalui ajang ini, banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang keberadaan "Film" yang memenangkan ajang tersebut, hingga akhirnya memilih untuk menyaksikannya.




Salah satu ajang penghargaan bergengsi yang cukup menyita perhatian masyarakat ialah
"Indonesian Movie Awards" namun kini, nama tersebut sudah berubah menjadi "Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards)", Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas ajang penghargaan perfilman Indonesia, dan telah di pastikan IMA Awards ini akan diselenggarakan tanggal 30 Mei 2016 dengan 2 kategori besar, yaitu TERBAIK & TERFAVORIT.

"Film Indonesia sudah banyak yg bagus, sudah banyak yang mengispirasi, dan manfaatkan waktu terbaik kalian untuk menonton film yang memiliki nilai-nilai karakter dan budi pekerti" ujar Bapak Didi suhardi selaku Sekjen Kementrian Pendidikan & Kebudayaan saat memberikan kata sambutan di acara IMA Awards Goes To School, Selasa (24/5) kemarin dalam rangka menyambut Hari Pendidikan dan Bulan Pendidikan & Kebudayaan yang bertempat di Plaza Insan Beprestasi Gedung A Lantai 1 Kemendikbud - Jakarta Pusat.

Acara Indonesian Movie Actors Awards Goes To School ini dihadiri oleh para pelajar dari beberapa sekolah di Jakarta, tidak hanya para pelajar, antusias komunitas pecinta film Indonesia dan Sanggar Ananda juga banyak yang hadir dalam acara ini.

Para narasumber yang hadir di acara IMA Awards Goes To School, diantaranya para juri IMA dan Creative dari RCTI

   Tidak hanya para peserta, para juri IMA Awards 2016 juga hadir, diantaranya
Marcela Zalianty , Aditia Gumay dan Lukman Sardi.

"Untuk proses tidak terlalu berbeda dengan festival lainnya, bedanya jurinya hanya 6 orang, dengan 50 film yang harus kita tonton" ujar juri sekaligus artis yang pernah menerima penghargaan sebagai pemeran wanita terbaik lewat film Brownies itu.

"Proses pemilihan film-film yang masuk nominasi dilakukan dengan menonton secara keseluruhan secara masing-masing, dan setelah itu juri memberikan pilihan film-film yang mereka anggap layak menjadi nominasi, dan dari proses ini lah kemudian lanjut ke pemilihan aktor, dan kategori lainnya" tambah Lukman Sardi selaku salah satu juri pada ajang penghargaan tersebut.

Sedangkan dari sudut pandang Aditia Gumay, selaku juri dan pemilik Sanggar Ananda ini menjelaskan bahwa "kriteria pemilihan film yang masuk nominasi, harus berkualitas, memiliki satu kemasan dan taste yg bagus dari film makernya".

Groufie bersama para pengisi dan peserta yang hadir dilokasi, foto ini diambil sesaat setelah panitia mengumumkan pemenang lomba akting saat acara berlangsng.

Selain nama baru, ada satu kategori baru dalam ajang ini, yaitu adalah "Ensemble Award". Ensemble Award ialah penghargaan yang melihat bagaimana kerjasama para aktor dalam sebuah film, sehingga film tersebut menjadi lebih memiliki soul.

   Ajang pergelaran yg ke 10 ini membuat pihak RCTI selaku pihak penyelenggara IMA untuk kerja keras lebih dari tahun sebelumnya, pasalnya dari sineas film Indonesia sendiri sudah banyak yang lebih mengexplore karakter dan semua bagus. Fokus projek ini yang paling utama adalah memberikan kesempatan aktor untuk lebih eksis lagi di dunia film, dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk tahu film-film Indonesia dari para aktornya, ataupun para pemenang ajang ini.

Selain Ensemble Award, kategori lainnya adalah Kategori Nominiasi Penilaian Juri yaitu Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Pemeran Anak-Anak Terbaik, Pasangan Terbaik dan Ansambel Terbaik. Lalu ada Kategori Nominasi berdasarkan Penilaian melalui voting SMS yakni Pemeran Pria Utama Terfavorit, Pemeran Utama Wanita Terfavorit, Pemeran Pendukung Pria Terfavorit, Pemeran Pendukung Wanita Terfavorit, serta Film Terfavorit. Untuk para nominasi sudah disiarakan oleh pihak RCTI, dan voting SMS juga sudah dibuka.


Untuk info lebih lanjut bisa Cek di Twiter
@IMAAwards_ @OfficialRCTI dengan hastag #IMAAwards

You Might Also Like

0 comments